testimoni

testimoni

Terminal Transit Bawah Tanah Akan Dibangun di Gangnam

Masterplan terminal transit bawah tanah yang akan dibangun di wilayah Gangnam, Seoul | The Korea Herald

[27/10]. Pemerintah Kota Seoul berencana akan membangun terminal transit bawah tanah di kawasan elitnya, Gangnam. Dilansir dari The Korea Herald, Terminal Transit Yeongdeong-daero akan mengubungkan Stasiun Samsung yang berada di Jalur Seoul Metro no. 2 dan Stasiun Bongeunsa yang berada di Jalur Seoul Metro no. 9.

Selain menghubungkan 2 jalur Seoul Metro, rencananya Terminal Transit Yeongdeong-daero juga akan terhubung dengan 5 jalur kereta api lainnya termasuk jalur kereta cepat KTX dan halte bus kota. Dengan luas mencapai 160.000 meter persegi, terminal transit ini akan memiliki 6 lantai di bawah tanah yang selain digunakans sebagai terminal transit juga akan digunakan sebagai museum, pusat perbelanjaan, balai sidang, dan perpustakaan.

Rencana tampak dalam dari Transit Terminal Yeongdeong-daero | The Korea Herald

Sedangkan untuk bagian di atas tanah akan dibangun taman kota sekaligus taman hiburan yang dinilai dapat menyaingi taman kota besar lain di dunia seperti Central Park yang ada di New York, Amerika Serikat dan London's Hide Park di Inggris. Guna merancang megaproyek ini, Pemerintah Kota Metropolitan Seoul menunjuk perusahaan konsorsium global yang dipimpin arsitek asal Prancis, Dominic Perrault untuk merancangnya.

Proyek senilai USD 1,15 juta ini rencananya akan mulai dibangun pada 2019 dan ditargetkan selesai pada 2023. Pemerintah Kota Metropolitan Seoul memperkirakan akana ada 600.000 orang transit dan 180.000 orang akan naik bus dari sini setiap harinya. Wah kira-kira rencana TOD yang akan dibangun di Sudirman akan sebesar ini tidak ya? 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo




About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment