testimoni

testimoni

Jalur KA Trans Sulawesi Sukses Diujicoba

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang ikut dalam uji coba jalur KA Trans Sulawesi | Mediasulsel

[13/11]. Sejarah perkeretaapian baru telah terukir di tanah Sulawesi. Jumat kemarin jalur KA Trans Sulawesi sukses diujicoba. Uji coba dilakukan di jalur fase 1 sepanjang 7 kilometer yang membentang dari Pare-Pare hingga Barru, Sulawesi Selatan. Uji coba dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, jajaran Forkopminda, pejabat dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, serta awak media.

Uji coba dilakukan menggunakan armada kereta penolong dengan nomor seri SN 0 14 01 yang didatangkan dari Aceh pada akhir Oktober lalu yang ditarik menggunakan Track Motor Car (TMC) dengan nomor seri SR 3 16 01 yang didatangkan ke Sulawesi pada April 2016 lalu dengan lebar sepur 1435 mm.
Dikirim oleh Muhammad ILyas pada 10 November 2017

Uji coba ini dilakukan untuk melihat kesiapan jalur sebelum bisa dioperasikan serta menjawab pertanyaan masyarakat soal sejauh apa proyek ini berjalan. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan dengan hadirnya kereta api membuka jalan bagi Sulawesi untuk mencapai peradaban yang baru. Syahrul berharap jalur KA ini dapat beroperasi pada akhir tahun 2018 mendatang. Rencananya jalur ini akan dipakai untuk mengangkut penumpang dan barang seperti semen dan batubara dari Pare-Pare ke Makassar. 

Uji coba ini sebenarnya mundur 20 hari dari jadwal semula yakni tanggal 25 Oktober 2017. Uji coba ditunda karena kereta penolong SN 0 14 01 yang didatangkan dari Aceh belum tiba di Sulawesi saat itu. Kereta penolong ini sebelumnya dialokasikan di Aceh bersama dengan satu set KRDI dengan nomor seri KRDI-3 08209 dan KRDI-3 08210. Selama di Aceh, kereta ini hanya terparkir di emplasemen Stasiun Bungkah. Semoga dengan diujicobanya jalur Pare-Pare - Barru dapat membuka jalan pembangunan kereta api di Indonesia dan semoga proyek ini selesai tepat waktu.

baca juga: TMC dengan Lebar Spoor 1435mm Telah Tiba di Sulsel


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Mediasulsel
Tribunnews

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment