testimoni

testimoni

Pemerjalanan Rangkaian 10 Kereta di Bogor dan 12 Kereta di Cikarang Ditambah

Ilustrasi rangkaian formasi 10 kereta yang beroperasi di jalur Bogor
(10/11) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kembali mengganti formasi rangkaian pada satu pemerjalanan di lintas Bogor dan satu pemerjalanan di lintas Cikarang menjadi lebih panjang, demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan menambah kapasitas angkut penumpang pada kedua lintas tersebut.

Pemerjalanan tersebut adalah pemerjalanan KLB 10317 pemberangkatan awal dari Manggarai tujuan Angke pukul 7:00 WIB yang berakhir sebagai KA 1215 dari Bogor tujuan Manggarai pemberangkatan pukul 19:30 WIB yang diubah dari sebelumnya menggunakan rangkaian formasi 8 kereta menjadi 10 kereta, dan pemerjalanan KA 1464A pemberangkatan awal Jakarta Kota tujuan Bekasi pukul 5:20 WIB yang berakhir sebagai KA 1467A dari Bekasi tujuan Jakarta Kota pemberangkatan pukul 23:34 WIB yang diubah dari sebelumnya menggunakan rangkaian formasi 10 kereta menjadi 12 kereta.
Ilustrasi rangkaian formasi 12 kereta yang beroperasi di jalur Cikarang
Pengubahan formasi kedua pemerjalanan tersebut sekaligus menjawab keinginan penumpang akan rangkaian yang lebih panjang di kedua lintas tersebut, mengingat pada saat ini di jalur Bogor masih terdapat banyak sekali pemerjalanan yang menggunakan rangkaian formasi 8 kereta bahkan untuk tujuan Jakarta Kota yang didominasi rangkaian 12 kereta. Sedangkan jalur Cikarang didominasi oleh rangkaian formasi 10 kereta, di mana pada saat jam sibuk banyak penumpang yang tidak terangkut akibat kurangnya jumlah rangkaian formasi 12 kereta yang beredar, selain masih terdapat pula dua rangkaian formasi 8 kereta yang melayani jalur ini.

Dengan demikian, dari total 45 rangkaian KRL yang beredar di jalur Bogor, susunannya kini menjadi 13 rangkaian formasi 12 kereta, 14 rangkaian formasi 10 kereta, dan 18 rangkaian formasi 8 kereta. Sedangkan dari total 14 rangkaian KRL yang beredar di jalur Cikarang, susunannya kini menjadi 5 rangkaian formasi 12 kereta, 7 rangkaian formasi 10 kereta, dan 2 rangkaian formasi 8 kereta.
Jadwal perjalanan yang diubah menjadi 10 kereta di lintas Bogor dan 12 kereta di lintas Cikarang
Pengubahan formasi kedua pemerjalanan ini semestinya dilaksanakan mulai hari ini, di mana hari ini juga sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional. Namun dikarenakan rangkaian yang akan dipakai untuk melaksanakan pengubahan formasi pada dua pemerjalanan tersebut justru malah tidak siap untuk dioperasikan pada pagi ini, maka realisasi rangkaian pada kedua pemerjalanan tersebut masih sama seperti sebelumnya, yaitu masing-masing 8 kereta dan 10 kereta. Belum diketahui kapan kedua pemerjalanan ini akan mulai reguler menggunakan rangkaian formasi 10 kereta dan 12 kereta. Meski demikian, dalam beberapa kesempatan sebelumnya pemerjalanan KLB 10317 telah menggunakan rangkaian formasi 10 kereta meskipun pada saat itu belum diresmikan sebagai pemerjalanan yang menggunakan rangkaian formasi 10 kereta, bergantian dengan pemerjalanan-pemerjalanan lainnya.

PT KCI akan terus mengubah formasi rangkaian KRL menjadi 10 atau 12 kereta dengan cara mengganti formasi rangkaian yang ada atau dengan pembelian rangkaian baru, seiring dengan peningkatan pelayanan dan juga untuk mencapai target dua juta penumpang pada tahun 2019 mendatang. Saat ini, PT KCI memiliki 20 rangkaian formasi 12 kereta dan 42 rangkaian formasi 10 kereta, di mana dua rangkaian formasi 10 kereta di antaranya sementara berdinas sebagai rangkaian formasi 8 kereta. Menurut rumor yang beredar baik di kalangan pecinta maupun pengguna, rangkaian formasi 10 dan 12 kereta akan segera masuk ke jalur Tangerang, dan rangkaian formasi 12 kereta akan segera masuk ke jalur Rangkasbitung pada saat jumlah armada sudah mencukupi. Ini dikarenakan animo pengguna pada dua jalur tersebut cukup tinggi namun masih dilayani oleh rangkaian-rangkaian masing-masing formasi 8 kereta pada jalur Tangerang, dan 10 kereta pada jalur Rangkasbitung.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment