testimoni

testimoni

Rampung Dibuat, KRL MRT Jakarta Akan Diujicobakan di Jepang

Para staf MRT Jakarta sedang berpose di depan rangkaian pertama KRL MRT Jakarta | Foto: Facebook MRT Jakarta
(30/11) - Pembaca pasti sudah tidak sabaran dengan kabar MRT Jakarta kan? Sepertinya ada kabar bagus yang berhembus dari Jepang sana.

Seperti yang dilansir dari Bisnis.com, rangkaian KRL pertama untuk MRT Jakarta yang dibuat oleh Nippon Sharyo di pabrik Toyokawa, Aichi telah rampung dibuat. 

Direktur Utama PT MRT Jakarta Willliam Sabandar pada acara Forum Jurnalis dan Blogger yang diselenggarakan pada 28 November lalu menerangkan bahwa rangkaian ini akan diperiksa terlebih dahulu sebelum dikirim ke Jakarta, yang diawali dengan serangkaian ujicoba secara off site di jalur kereta api di Jepang yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada 18 Desember mendatang.
Interior KRL MRT Jakarta | Foto: Instagram MRT Jakarta
Harap bersabar, bangku ini adalah ujian... | Foto: Instagram MRT Jakarta
Setelah selesai menempuh serangkaian ujicoba di Jepang, rangkaian ini akan dikirim ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut. Rencananya, pengiriman akan dimulai pada Maret 2018 mendatang dengan setiap pengiriman akan terdiri dari satu set 6 kereta.

Setelah tiba di Jakarta, armada akan dibawa dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Dipo Lebak Bulus untuk kemudian dirakit dan disimpan terlebih dahulu, sebelum ujicoba di lintas MRT Jakarta Lebak Bulus-Hotel Indonesia (jalur utara-selatan fase 1) akan dimulai 2018 mendatang sebelum MRT Jakarta beroperasi resmi.
Pintu penumpang | Foto: Instagram MRT Jakarta
Seperti yang diketahui, KRL MRT Jakarta ini adalah hasil tender/paket pengadaan CP-108 senilai JPY 10,835 miliar atau sekitar Rp 145,4 miliar yang dimenangkan oleh Sumitomo Corporation, yang selanjutnya menunjuk Nippon Sharyo untuk memproduksi 16 set KRL MRT Jakarta dengan setiap set terdiri dari 6 kereta. Dengan jumlah demikian, maka harga per kereta untuk KRL MRT Jakarta ini adalah sekitar Rp 17 miliar.

KRL ini mempunyai bentuk muka bulat bergaya modern yang sekilas mirip dengan KRL Tokyu seri 2020 yang juga baru saja rampung dan roll out dari pabrik J-TREC di Niitsu, namun KRL MRT Jakarta hadir dengan warna dominan biru berkelir hitam. Selain itu, KRL ini juga memiliki beberapa kemiripan bentuk dengan KRL Keio seri 5000 generasi kedua, KRL subway Biro Transportasi Kota Nagoya seri N3000, dan bahkan KRL Tokyo Metro seri 16000.
Kabin masinis KRL MRT Jakarta, seperti yang ada di KRL Jepang modern pada umumnya | Foto: Instagram MRT Jakarta
Semoga saja ujicoba ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga rangkaian KRL MRT Jakarta ini dapat tiba tepat waktu, yang berarti selangkah lebih dekat menuju masa depan transportasi di Jakarta

Referensi:

RED | Ikko Haidar Farozy | MPSCLFJRN

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment