testimoni

testimoni

Rangkaian Kereta Inspeksi Milik Negara Tiba di Jakarta

Lokomotif CC3001202 dan rangkaian kereta inspeksi milik negara tiba di Stasiun Jakarta Kota | foto: Nurachman Hafizh
(6/11) - Satu rangkaian kereta inspeksi yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perkereaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tiba di Jakarta pada malam ini (6/11), setelah menempuh perjalanan selama 9 jam dari Stasiun Madiun lewat jalur tengah-utara-lingkar Jakarta menuju Stasiun Jakarta Kota.

Rangkaian kereta inspeksi ini terdiri dari kereta makan dan pembangkit "Martapura" bernomor MP3 0 10 03, kereta inspeksi "Barito" bernomor SI 0 11 01, kereta inspeksi "Kahayan" bernomor SI 0 11 02, kereta inspeksi "Kapuas" bernomor SI 0 09 02, dan kereta inspeksi "Mendawai" bernomor SI 0 16 01. Selain Mendawai, kereta-kereta lainnya sudah pernah berada di Jakarta sebelumnya, bahkan Martapura pernah digunakan sebagai kereta makan dan pembangkit untuk perjalanan tambahan lebaran yang menggunakan rangkaian kereta ekonomi "new image" pada masa angkutan lebaran 2016 yang lalu.
Lokomotif CC3001202 dan rangkaian kereta inspeksi bertemu dengan KRL i9000 yang berdinas sebagai KRL feeder di Stasiun Kampung Bandan. Sama-sama produk INKA.
Lokomotif yang digunakan untuk menghela rangkaian kereta inspeksi ini pun tidak lagi menggunakan lokomotif milik KAI seperti yang sudah-sudah, melainkan menggunakan lokomotif CC3001202 yang juga dimiliki oleh Dirjenka. Ini merupakan kali pertama lokomotif CC300 menyentuh wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, sekaligus menggeser lagi batas terjauh ke barat yang pernah dilewati oleh lokomotif CC300. Sebelumnya, CC300 hanya dijalankan sampai Bandung dan Cirebon pada masa angkutan lebaran 2017 yang lalu, untuk dijadikan lokomotif cadangan crane.

Rangkaian kereta inspeksi ini diberangkatkan sebagai kereta luar biasa (KLB) kirim rangkaian dari Stasiun Madiun pada pukul 8 pagi ini, dengan rute Madiun-Solo Jebres-Gundih-Semarang-Pasar Senen-Jakarta Kota. Tiba di Stasiun Jakarta Kota terlambat dua jam dari jadwal, rangkaian kemudian dilangsir mundur ke dalam dipo Jakarta Kota (Dao). Selanjutnya, lokomotif CC300 melepas gandengan dan kembali ke emplasemen stasiun Kota untuk selanjutnya bertolak menuju Tanah Abang lewat Kampung Bandan dan menginap di dipo lokomotif Tanah Abang.
Plat nomor lokomotif CC3001202
Rencananya, lokomotif CC300 dan rangkaian kereta inspeksi ini akan digunakan untuk inspeksi lintas utara oleh Kementerian Perhubungan pada esok hari (7/11), dengan rute Gambir-Surabaya Pasar Turi. Belum diketahui maksud dan tujuan dari inspeksi tersebut. Selesai inspeksi, rencananya rangkaian kereta inspeksi akan langsung dipulangkan ke Madiun dari Surabaya, dengan rute Surabaya Pasar Turi-Wonokromo-Mojokerto-Madiun.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment