testimoni

testimoni

Terinspirasi Film, Petugas di India Kejar Kereta Larat Sejauh 13 Kilometer

Rangkaian kereta listrik yang larat di Maharashtra, India | Hindustan Times 

[10/11]. Sebuah kereta listrik larat atau meluncur sendiri tanpa awak sejauh 13 kilometer di Negara Bagian Maharashtra, India pada Rabu kemarin. Dilansir dari Hindustan Times, ketahui kereta ini memiliki relasi Chennai - Mumbai. Kereta meluncur sejauh 13 kilometer dari Stasiun Wadi Junction sampai Stasiun Nalwar.  

Peristiwa ini terjadi pada saat kereta tiba di Stasiun Wadi Junction sekitar pukul 15.00 waktu India. Saat itu kereta sedang melakukan pergantian lokomotif dari lokomotif listrik ke lokomotif diesel. Pergantian ini dilakukan karena jalur dari Wadi hingga Solapur tidak terelektrifikasi. Saat proses pemasangan lokomotif diesel, lokomotif listrik masih tersambung dengan kereta.

Masinis lokomotif listrik turun dari kereta untuk mengecek pemasangan lokomotif diesel. Tanpa disangka lokomotif listrik berjalan sendiri dan kereta mulai meluncur tanpa awak. Kru yang panik berusaha mengejar kereta namun gagal karena kereta terlalu cepat. Pihak Stasiun Wadi Junction langsung menghubungi semua stasiun di depannya agar mensterilkan jalur dan perlintasan.

Lokasi kejadian serta jarak yang ditempuh oleh kereta yang larat | Hindustan Times

Kereta yang datang dari arah berlawanan juga dihentikan perjalanannya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Terinspirasi dari film yang menceritakan tentang pengejaran kereta barang yang larat, kru kereta berusaha mengejar kereta yang larat menggunakan sepeda motor. Kru mengejar sejauh 13 kilometer sampai Stasiun Nalwar. 

Beruntung kereta berhasil dihentikan setelah salah seorang kru melompat dari motor ke lokomotif dan menghentikan kereta. Belum diketahui secara pasti bagaimana caranya lokomotif listrik bisa berjalan sendiri dan membuat kereta yang dibawa larat bersamanya. 

Peristiwa laratnya kereta juga pernah terjadi di Indonesia. Salah satu peristiwa kereta larat yang terkenal adalah laratnya rangkaian KRL ekonomi KA 459 dari Stasiun Bogor hingga Stasiun Manggarai pada Desember 2003 silam. Peristiwa ini pula yang melahirkan urban legend kereta hantu yang sempat populer di tengah masyarakat ibukota.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment