testimoni

testimoni

Akhirnya, KCI Operasikan Rangkaian KRL Formasi 10 Kereta di Lintas Tangerang

Ilustrasi: KRL seri 6000 rangkaian 6129F, salah satu rangkaian KRL formasi 10 kereta yang dioperasikan di Tangerang hari ini bersama dengan sejawatnya, 6131F
(6/12) - Bagi anda komuter di lintas Duri-Tangerang yang selama ini selalu berdesakan di dalam rangkaian KRL formasi 8 kereta boleh sedikit bernafas lega. Pasalnya, dua dari empat rangkaian KRL formasi 8 kereta yang beroperasi di lintas Tangerang digantikan oleh rangkaian KRL formasi 10 kereta mulai hari ini, yaitu pada pemerjalanan KA 2151 dan KA 2155.

Perubahan formasi pada dua pemerjalanan di lintas Tangerang dilakukan sebagai antisipasi akan beroperasinya KRL Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, di mana pengoperasian KRL Bandara akan berpengaruh terhadap jadwal KRL Commuter Line di lintas Tangerang yang harus disesuaikan kembali. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya jumlah perjalanan di lintas Tangerang menjadi sekitar 80 perjalanan per hari dengan headway yang sangat longgar, yaitu sekitar 30 menit sekali.

Sementara untuk dua pemerjalanan lain yang tetap menggunakan rangkaian KRL formasi 8 kereta juga mengalami penggantian jenis rangkaian, dari yang sebelumnya biasa menggunakan KRL-KRL eks Tokyo Metro atau KRL seri 203 menjadi KRL seri 8500. Belum diketahui maksud dari penggantian jenis rangkaian KRL ini, namun ada rumor yang menyebar di kalangan pecinta kereta rel listrik bahwa rangkaian KRL seri 6000 formasi 8 kereta rencananya akan dibuat lebih panjang menjadi 10 atau 12 kereta.
KRL seri 8500 rangkaian 8608F, salah satu rangkaian KRL seri 8500 yang beroperasi di Tangerang selama beberapa hari terakhir
Kabar baik lainnya, penggunaan dua rangkaian KRL formasi 10 kereta dan dua rangkaian KRL formasi 8 kereta di lintas Tangerang ini hanya sementara. Jangan pesimis dahulu membaca kalimat tersebut, hal ini dikarenakan pada tahun 2018 rencananya PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengganti seluruh rangkaian di lintas Tangerang menjadi rangkaian formasi 12 kereta, selain pada lintas Rangkasbitung yang juga akan segera dimasuki rangkaian formasi 12 kereta mulai tahun yang sama. Ini dimaksudkan agar penumpang yang terangkut lebih banyak, sehingga kepadatan penumpang pada saat jam sibuk dapat lebih terurai.
Rangkaian 6131F berangkat dari Poris menuju Tangerang | foto: Dimas Ardianto
Saat ini, PT KCI hanya bisa mengganti dua rangkaian di lintas Tangerang dikarenakan masih kurangnya jumlah rangkaian yang dimiliki. Terdapat 42 rangkaian KRL formasi 10 kereta yang beroperasi pada 39 pemerjalanan di mana tiga rangkaian lainnya untuk perawatan akhir atau perawatan bulanan di dipo, dan juga 20 rangkaian KRL formasi 12 kereta yang beroperasi pada 19 pemerjalanan di mana satu rangkaian lainnya untuk perawatan akhir atau perawatan bulanan di dipo. Menurut kabar yang beredar, PT KCI akan mendatangkan kembali rangkaian KRL dari Jepang yang bisa dirakit menjadi rangkaian formasi 12 kereta pada tahun 2018 untuk menambah jumlah armada dan merealisasikan pengoperasian rangkaian KRL formasi 12 kereta di Tangerang dan Rangkasbitung.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment