testimoni

testimoni

Baru Diresmikan, Jalur Kereta Cepat Jerman Gangguan

SHARE
Kereta ICE Munchen - Berlin saat peresmian di Stasiun Berlin | Railway Gazette

RE Digest, Jerman. Setelah penantian selama 25 tahun lebih, akhirnya rakyat Jerman bisa merasakan jalurkereta cepat ICE baru dari Kota Munchen ke Berlin. Sebuah perayaan yang megah diadakan di Stasiun Berlin Hauptbahnhof pada Jumat kemarin sebagai penanda dibukanya jalur kereta cepat baru dari Berlin ke Munchen.

Jalur kereta cepat ini memotong jarak sejauh 107 kilometer di petak antara Ebensfeld dan Erfurd. Direktur Utama Deutsche Bahn Richard Lutz mengatakan pemotongan jarak ini bisa memangkas waktu selama 4 jam dibandingkan menggunakan jalur yang lama. Peresmian ini juga dihadiri sejumlah pejabat tinggi seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dan presiden dari tiga wilayah yang dilewati jalur ini seperti Presiden Saschen Stainslaw Tillich, Presiden Aschen-Anhalt Reiner Haseloff, dan Presiden Thuringen Bodo Ramelow.

Pejabat tinggi Jerman saat berfoto bersama di depan rangkaian pertama yang beroperasi di jalur baru Munchen - Berlin | Railway Gazette
Diresmikannya jalur baru ini juga ditandai dengan pembubuhan tanda tangan yang dilakukan oleh Kanselir Jerman dan ratusan tamu yang hadir di dinding luar kereta. Meski peresmian yang dilakukan sangatlah meriah, namun sayangnya hari pertama beroperasinya jalur baru ini tidak berjalan cukup lancar.

Di hari pertamanya, gangguan terjadi pada beberapa perjalanan kereta. Dalam perjalanan perdana dari Berlin ke Munchen kereta mengalami malfungsi pada sistem pengendaliannya. Kereta yang berisi jurnalis, blogger, dan tamu terhenti di sebuah terowongan. Sebelum terhenti di terowongan, kereta sempat berhenti di sejumlah stasiun kecil.

Kereta berhenti selama 75 menit di dalam terowongan. Meskipun terhenti di terowongan, penumpang terlihat begitu tenang dan tidak panik. Seperti yang diperlihatkan dalam Tweet komunitas blogger kereta api Jerman, Bahnblogstelle.

   
Penumpang yang terganggu perjalanannya mendapatkan kompensasi dari Deutsche Bahn berupa air mineral dan pengembalian bea tiket sebesar 25 persen. Juru bicara Deutsche Bahn mengatakan peristiwa gangguan ini sama sekali tidak diduga dan pihak perusahaan memohon maaf atas gangguan yang terjadi.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
DW
Railway Gazette


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment