testimoni

testimoni

Kereta Talgo Amtrak Terguling di Washington

SHARE
Rangkaian kereta talgo Amtrak yang terguling di jembatan di Washington | Seattletimes

[19/12]. Rangkaian kereta Talgo milik perusahaan kereta penumpang Amerika Serikat, Amtrak, terguling dan jatuh dari jembatan di wilayah selatan Tacoma, Washington, Amerika Serikat. Rangkaian kereta jatuh dari jembatan yang membentang di atas jalan tol Interstate 5 yang ramai akan kendaraan. Rangkaian kereta yang jatuh menutupi seluruh jalur di jalan tol.

Rangkaian yang anjlok merupakan rangkaian Amtrak Cascades perjalanan KA no. 501 relasi Seattle - Portland. Perjalanan ini merupakan perjalanan perdana jalur kereta cepat baru dari Seattle ke Portland. Kereta keluar jalur sekitar pukul 8 pagi waktu bagian timur Amerika Serikat. Rangkaian kereta yang terguling juga menimpa sejumlah kendaraan yang kebetulan melintas di lokasi kejadian.

Sebanyak 13 dari 14 kereta anjlok, terguling, dan jatuh dari jembatan dalam peristiwa ini. Hanya lokomotif penarik belakang saja yang selamat dalam kecelakaan ini. Sebanyak 5 mobil dan satu truk rusak akibat tertimpa kereta. Salah seorang penumpang bernama Chris Kanes mengatakan awalnya perjalanan perdana ini terasa normal seperti perjalanan pada umumnya. Saat kereta melintasi jembatan di atas jalan tol I-5, kereta terasa berguncang dan seketika terlempar dari jembatan.

Lokomotif depan yang hancur dalam kecelakaan | Seattle Times

Saat kejadian kereta melaju dengan kecepatan sangat tinggi. Menurut Departemen Transportasi Washington, batas kecepatan di lokasi adalah 30 mil per jam atau sekitar 48.2 kilometer per jam. Di beberapa lokasi dilaporkan kereta melaju dengan kecepatan 79 mil per jam atau sekitar 127.1 kilometer per jam.

Petugas penyelamat yang terdiri dari pemadam kebakaran dan sheriff diturunkan untuk mengevakuasi korba. Satu unit crane diturunkan untuk mengevakuasi kereta yang keluar jalur. 3 orang tewas dalam kecelakaan ini. Namun berdasar laporan dari Associated Press ada 6 orang yang tewas dalam kecelakaan ini. Meskipun kereta sempat menimpa beberapa kendaraan, namun tidak ada pengendara yang tewas dalam kejadian ini. Penyebab pasti kecelakaan masih dalam proses investigasi oleh piha National Transportation Safety Board (NTSB).


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
CNN
The Guardian  


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment