testimoni

testimoni

Kereta Ukur 1435 Milimeter Telah Tiba di Sulawesi

SHARE
Kereta ukur Kemenhub dengan lebar sepur 1435 mm saat tiba di Barru, Sulawesi Selatan | picture by: Ricki Dirjo via Instagram

RE Digest, Barru. Sulawesi Selatan kembali kedatangan armada kereta baru. Setelah sebelumnya kedatangan TMC, MTT, dan kereta penolong, kini Sulsel kedatangan 1 unit kereta ukur. Kereta ukur yang didatangkan memiliki nomor seri SR 3 17 01. Kereta ukur ini merupakan kereta ukur pertama dengan lebar sepur 1435 mm di Indonesia.

Kereta ukur ini tiba di Pelabuhan Makassar pada Kamis kemarin setelah melakukan perjalanan laut selama seminggu dari Surabaya. Setibanya di pelabuhan, kereta langsung dibawa ke Barru untuk ditempatkan di atas rel. Kereta ukur ini juga menjalani uji jalan pada Jumat pagi untuk melihat kesiapannya beroperasi di Sulawesi.

Pada dasarnya kereta ukur ini sama seperti yang ada di Jawa, hanya bentuk dan lebar sepurnya saja yang berbeda. Bentuk kereta ukur ini tidak kotak seperti kereta ukur Kemenhub pada umumnya. Bentuknya terlihat aerodinamis seperti kereta cepat. Desain wajah kereta ukur ini terlihat seperti rangkaian TEMU2000 yang beroperasi di Taiwan.

Rangkaian TEMU2000 yang beroperasi di Taiwan | MeetMyGuide

Kereta ukur ini dibuat pada awal 2017 lalu dan selesai dibuat sekitar bulan November lalu. Fungsi dari kereta ukur di Sulawesi ini sama saja seperti di Jawa. Rencananya kereta ukur ini akan digunakan untuk mengukur serta menginspeksi kondisi jalur KA Trans Sulawesi.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment