testimoni

testimoni

Rail Clinic 1 Tiba di Tanah Deli

Rangkaian Rail Clinic 1 yang berada di atas kapal | picture by: Hagi Hidayah

[5/12]. Setelah sekian lama berdinas di Pulau Jawa, Rail Clinic 1 pun akhirnya pindah ke rumah barunya di Tanah Deli. Rangkaian Rail Clinic 1 dari Jawa telah tiba di Sumatera Utara pada pagi hari tadi melalui Pelabuhan Belawan. Terlihat adanya perubahan nomor seri pada rangkaian Rail Clinic 1. Jika sebelumnya di Jawa rangkaian ini memiliki kode K2 3 82 05 dan K2 3 80 02 dengan stempel Dipo Induk Yogyakarta. 

Saat ini nomor serinya sudah digantu menjadi SK 3 82 01 dan SK 3 82 02 dengan stempel Dipo Induk Medan. SK sendiri merupakan nomor seri untuk kereta sarana khusus. Rangkaian Rail Clinic 1 dikirim dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada 22 November lalu. Rangkaian dikirim ke Sumut setelah hadirnya rangkaian Rail Clinic 4 + Rail Library yang menggantikan tugasnya di Pulau Jawa.

Rangkaian Rail Clinic 1 saat masih berdinas di Pulau Jawa

Dari Pelabuhan Belawan, rangkaian nantinya akan dibawa ke Stasiun Belawan menggunakan truk sebelum nantinya rangkaian akan dibawa melalui jalur rel menuju Dipo Lokomotif Medan. Rencananya rangkaian Rail Clinic 1 ini akan digunakan untuk memberikan layanan kesehatan di wilayah Divre 1 Sumut & NAD. Dengan begini, maka Pulau Sumatera saat ini memiliki 3 Rail Clinic yakni Rail Clinic 2 di Tanjungkarang, Rail Clinic 3 di Kertapati, dan terakhir Rail Clinic 1 di Medan.

Rangkaian Rail Clinic 1 merupakan hasil modifikasi daro 2 unit KRD MCW 302 yang sebelumnya pernah berdinas sebagai Patas Bandung Raya serta Bumi Geulis ketika masih di Daop 1. Rangkaian dimodifikasi di Balai Yasa Pengok pada awal 2015. Peresmian Rail Clinic 1 dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada 12 Desember 2015 lalu. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment