testimoni

testimoni

Jalur Kereta Cepat Haramain Resmi Dibuka

SHARE

Ilustrasi kereta api cepat Haramain (Railway Gazette)

[3/1]. Setelah setahun lebih tertunda, akhirnya jalur kereta cepat Haramain yang menghubungkan 2 kota suci Umat Islam yakni Mekkah dan Madinah resmi dibuka. Pembukaan ini dilaksanakan pada 31 Desember 2017 kemarin. Pembukaan jalur ini ditandai dengan dijalankannya perjalanan perdana kereta cepat dari Mekkah ke Madinah.

Pembukaan jalur dihadiri oleh Menteri Transportasi Arab Saudi Dr Nabil bin Mohammed Al-Amoidi, Duta Besar Spanyol untuk Arab Saudi Alvaro Iranzo, Dirut Saudi Arabian Railway Dr. Bashar Al-Malik, serta para pejabat tinggi dari perusahaan konsorsium yang mengoperasikan dan melengkapi pembangunan jalur ini, Al Shoula. 

Menteri Transportasi Arab Saudi (baju abu-abu) dan Duta Besar Spanyol (yang memakai jas) saat pembukaan jalur kereta cepat Haramain | Railway Gazette

Sebelum perjalanan perdana, demonstrasi operasi kereta cepat dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu. Perjalanan dilakukan secara non stop dari Mekkah ke Madinah dengan kecepatan 300 km/jam. Pembukaan ini sebenarnya terlambat selama 3 tahun lamanya. Rencana awalnya jalur ini dibuka pada 2014, lalu ditunda jadi Januari 2017. Pembukaan kembali ditunda hingga akhir Desember 2017.

Penundaan dilakukan karena adanya kendala pembangunan seperti badai pasir, iklim yang ekstrim, dan kendala internal dalam proyek. Jalur kereta cepat ini rencananya akan digunakan sebagai sarana angkutan Haji dan Umrah karena dapat mempersingkat waktu perjalanan Mekkah - Madinah dari yang sebelumnya 6 jam lewat jalur darat menjadi hanya 2,5 jam. Kereta cepat ini akan mulai beroperasi mengangkut penumpang pada Maret mendatang.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment