testimoni

testimoni

Rangkaian Kereta Cepat Terbakar di Tiongkok

SHARE
Rangkaian kereta cepat yang terbakar di Tiongkok | Tetsudology

[26/1]. Sebuah kereta cepat pastilah harus aman dari segala hal yang membahayakan perjalanan maupun keretanya. Mulai dari kecelakaan hingga bencana alam. Namun terkadang ada saja hal-hal tak terduga yang menyebabkan terjadinya musibah hingga menyebabkan kereta cepat terhenti atau bahkan rusak total.

Seperti yang terjadi di Tiongkok kemarin. Satu kereta dari rangkaian kereta cepat CRH seri 380A hangus terbakar. Kereta terbakar saat berhenti di sebuah stasiun di Digyuan, Provinsi Anhui, Tiongkok Kamis siang waktu setempat. Kebakaran yang terjadi sangatlah parah hingga membuat badan kereta bolong.

Dalam video amatir yang diunggah ke media sosial Twitter dan Weibo terlihat api berkobar sangat besar dan melalap badan kereta kedua dari rangkaian kereta. Asap hitam juga mengepul dari rangkaian kereta. Diketahui rangkaian CRH 380A yang terbakar saat itu tengah melayani perjalanan Qingdao - Hangzhou.

Penumpang kereta kemudian dievakuasi dari rangkaian kereta yang terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Namun peristiwa ini menyebabkan terjadinya penundaan pada sejumlah perjalanan kereta cepat CRH. Kebakaran ini juga membuat rangkaian CRH seri 380A yang terbakar terancam dipurnatugaskan karena kerusakan yang sangat parah.

Penyebab pasti kebakaran masih dalam proses investigasi oleh otoritas terkait. Diduga kebakaran diakibatkan oleh konsleting listrik yang terjadi pada salah satu komponen kelistrikan kereta.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Channel News Asia


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment