testimoni

testimoni

Tokyo Metro Akan Putar Musik Klasik di Jalur Hibiya

SHARE
Armada KRL Seri 13000 Tokyo Metro di Jalur Hibiya | Foto: DAJF, Wikimedia Commons
[27/01] - Penggunaan musik di stasiun mungkin memang sudah sangat lumrah di dunia perkeretaapian Jepang. Salah satu contohnya adalah melodi yang senantiasa diputar untuk menandakan kereta akan segera berangkat yang sangat bervariasi. Namun bagaimana dengan penggunan musik di dalam kereta?

Ya, Tokyo Metro kali ini akan melakukan ujicoba pemutaran musik klasik di dalam rangkaian kereta. Seperti yang dilansir dari Rocketnews 24, ujicoba ini akan dilakukan pada armada terbaru mereka yaitu seri 13000 pada beberapa perjalanan antara Stasiun Nakameguro dan Kita-Senju mulai 29 Januari mendatang. 

Ujicoba pemutaran musik klasik ini dimaksudkan untuk memberikan suasana yang lebih nyaman bagi para penglaju yang menggunakan KRL Tokyo Metro, dengan beberapa macam musik klasik seperti Clair de Lune oleh Claude Debussy, Song of Spring oleh Mendelssohn, dan Nocturne oleh Chopin. Selain itu, beberapa lagu healing music gubahan komposer Jepang Mitsuhiro juga akan diputar. 

Musik klasik di Tokyo Metro ini sebenarnya telah lama ada meskipun penggunaannya sebatas untuk pengecekan speaker ketika tidak ada penumpang. Akan tetapi, pada bulan Juli tahun lalu ada seorang masinis yang tidak sengaja menyetel musik klasik pada saat melayani perjalanan reguler. Pemutaran musik klasik yang tidak sengaja ini justru memberikan respon positif di mana penumpang merasa lebih rileks dan hatinya lebih enakan, sehingga kemudian pihak Tokyo Metro pun memutuskan untuk mulai mengujicoba pemutaran musik klasik secara reguler. 

Berikut adalah potongan musik klasik yang sempat terdengar yang dibagikan oleh pengguna Twitter tahun lalu:

Jadwal perjalanan yang direncanakan untuk ada pemutaran musik klasik tersedia pada tabel di bawah, dengan empat kolom sebelah kiri untuk layanan pada hari kerja, dan empat kolom kanan pada akhir pekan dan libur nasional untuk tujuan Kita-Senju (北千住) dan Nakameguro (中目黒).

Jadwal perjalanan yang direncanakan ada pemutaran musik klasik di Jalur Hibiya.
Nama-nama stasiun dari atas ke bawah: Nakameguro, Kasumigaseki, Ginza, Kayabacho, Akihabara, Ueno, Kita-Senju | Foto: Rocketnews 24
Untuk saat ini masih belum ada informasi kapan masa percobaan ini akan berakhir, namun yang jelas diharapkan pemutaran musik klasik ini dapat memenuhi tujuan untuk memberikan suasana yang lebih segar di dalam KRL Tokyo Metro, dan menjadikan Tokyo Metro menjadi operator KA pertama di Jepang yang memutar musik di dalam rangkaian. 

Dan tentu saja, tidak ada salahnya jika suatu hari nanti KCI bisa saja ikut terinspirasi untuk memutar musik di dalam rangkaian KRL.

Sumber:

RED|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment