testimoni

testimoni

Jalur Bogor - Sukabumi Longsor di Dua Titik

SHARE
Longsoran jalur di petak Cigombong - Cicurug | picture by: Rhe Setia Permana

[5/2]. Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Bogor dan Sukabumi selama 2 hari terakhir menyebabkan tanah longsor di 2 titik di jalur Bogor - Sukabumi. Longsoran pertama terjadi di petak antara Cigombong - Cicurug. 

Lebih tepatnya di lokasi proyek Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (BOCIMI). Tepian jalur tergerus air dan longsor hingga nyaris mendekati jalur. Lokasi yang terkena longsor langsung diperbaiki oleh petugas resort jalan rel dibantu pekerja proyek Tol Bocimi. 

Belum tuntas longsoran di petak Cigombong - Cicurug selesai diperbaiki, muncul longsoran baru yang lebih parah. Longsor juga terjadi di petak antara Batutulis - Maseng atau lebih tepatnya di dekat sinyal masuk Batutulis pihak Sukabumi. Longsoran yang terjadi sangatlah parah. Seluruh badan jalur tergerus hingga menyebabkan tanah habis dam rel tergantung melayang. Dua rumah yang berada di bawah jalur turut menjadi korban longsoran ini.

Longsoran di petak Batutulis - Maseng | picture by: Rhe Setia Permana

Akibat dua longsoran yang terjadi, perjalanan KAIS Merbabu yang seharusnya mengangkut rombongan inspeksi ke Sukabumi dipotong hanya sampai Batutulis. 
Karenalongsoran yang terjadi di petak Batutulis - Maseng sangat parah hingga tidak bisa dilewati, perjalanan KA Pangrango terancam dibatalkan sampai proses perbaikan selesai dilakukan. Perjalanan sejumlah kereta barang seperti KA angkutan semen Cisaat - Nambo dan KA angkutan Aqua juga terancam dibatalkan.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment