testimoni

testimoni

Rangkaian Kereta Bandara Minangkabau Tiba di Jakarta

SHARE
KRDE Bandara Minangkabau melintas langsung Jatinegara | foto: Yogatama Prasetyo
(10/2) - Dalam rangka persiapan pengiriman sarana perkeretaapian melalui jalur laut, satu rangkaian kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang rencananya akan digunakan untuk layanan kereta bandara dari Stasiun Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat hari ini dikirimkan dari pabrik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun menuju dipo lokomotif Tanah Abang di Jakarta.

Sebelum dikirimkan, rangkaian KRDE bandara ini sebelumnya sudah menjalani sebanyak tiga kali ujicoba, yaitu ke Stasiun Jombang, Stasiun Gundih, dan yang terakhir Stasiun Cirebon. Rangkaian KRDE yang dikirimkan ini merupakan trainset pertama dari total tiga trainset, dengan nomor K1 2 18 01 sampai K1 2 18 04.
Tampak samping KRDE bandara | foto: Yogatama Prasetyo
Rangkaian KRDE dikirimkan dari Stasiun Madiun pagi ini melalui jalur pantai utara melalui jalur Vorstelanden Solo Jebres-Gundih-Brumbung hingga Jatinegara, lalu berbelok menuju loop line Jatinegara-Kampung Bandan-Tanah Abang. Berangkat sekitar pukul 7:30 dari Madiun, rangkaian KRDE tiba di Jakarta molor sekitar setengah jam dari yang telah dijadwalkan. Nantinya setelah berada di Tanah Abang, rangkaian KRDE ini kemudian akan diinspeksi sebelum nantinya dikapalkan dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta menuju Pelabuhan Teluk Bayur di Sumatera Barat.

Selain KRDE Bandara Minangkabau, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengirim beberapa rangkaian kereta lainnya menuju Sumatera pada tahun ini. Di antaranya satu trainset kereta ekonomi Premium, tujuh unit kereta bagasi modifikasi dari kereta kelas bisnis, dan satu restorasi berpembangkit kelas ekonomi ke Sumatera Utara, dan satu trainset kereta ekonomi Premium ke Lampung.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment