testimoni

testimoni

Filipina Akan Impor KRD Dari Indonesia

SHARE
Rangkaian KRDI saat beroperasi sebagai KRDI Banyubiru pada 2011 | Wikipedia

[22/1]. Ada kabar gembira untuk industri perkeretaapian kita. Perusahaan operator kereta api Filipina, Philippine National Railway (PNR) akan membeli rangkaian KRD buatan Indonesia. Hal itu dijelaskan dalam penandatanganan MOU antara PNR dengan PT INKA yang dilakukan di Metro Manila, Filipina pada siang tadi.

PNR akan membeli sebanyak 2 set KRD dengan nilai kontrak sebesar PhP 485,3 juta atau sekitar IDR 127,5 miliar. Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Dirut PT INKA Budi Noviantoro dan General Manager PNR Junn Magno dengan disaksikan oleh Sekretaris Departemen Transportasi Filipina Arthur Tugade, sejumlah pejabat PNR dan PT INKA, serta perwakilan dari Kedubes Indonesia di Filipina.

(Dari kiri ke kanan) General Manager PNR, Sekretaris Departemen Transportasi Filipina, dan Dirut PT INKA | Conceptnews

Pembelian 2 set KRD ini merupakan bagian dari program Presiden Duterte yang ingin memperluas jaringan kereta api di Filipina dari yang sebelumnya hanya memiliki panjang total 77 kilometer menjadi 1900 kilometer. Pembelian ini merupakan kali pertama bagi PNR untuk membeli sendiri rangkaian kereta dalam 40 tahun terakhir.

Selama ini operasional kereta api PNR hanya bergantung pada rangkaian kereta hibah dari Jepang. Rangkaian paling baru milik PNR hanyalah KRD buatan Hyundai Rotem yang beroperasi pada 2009. Rencananya KRD buatan INKA ini akan mulai diujicoba dan beroperasi di Filipina pada 2019 mendatang.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo