testimoni

testimoni

KAIS Lombok Ijo Resmi Beroperasi

SHARE
Rangkaian KAIS New Rail One yang diresmikan di Stasiun Semarang Tawang | picture by: Vega Gilang Ramdhani

[8/1]. Setelah kemunculannya berhasil mengejutkan jagat pecinta kereta di Indonesia, kini KAIS Lombok Ijo pun resmi beroperasi sebagai kereta inspeksi. Peresmian KAIS ini dilakukan di Stasiun Semarang Tawang pada 6 Januari lalu. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Dirut PT KAI Edi Sukmoro.

Dipecahkannya kendi di coupler menandai resmi beroperasinya KAIS ini. Dalam peluncuran kali ini terlihat adanya sejumlah perbedaan tampilan pada KAIS ini. Cowcatcher kereta yang sebelumnya diwarnai hijau berubah menjadi berwarna merah. Logo Wahana Daya Pertiwi juga terlihat sudah dipasang di bagian depan kereta.

KAIS Lombok Ijo saat diresmikan oleh Dirut PT KAI Edi Sukmoro | picture by: Mochamad Bagus Satria

Nomor seri kereta pun sudah terpasang yakni K1 3 80 01 dan K1 3 80 02. Tidak diketahui secara pasti nomor ini akan digunakan secara permanen atau hanya untuk sementara saja. KAIS ini pun sudah memiliki nama yakni New Rail One. Meskipun telah diresmikan, KAIS ini masih belum memiliki dipo induk. KAIS New Rail One bisa dibilang menjadi bintang di antara pecinta kereta Indonesia di akhir 2017 hingga awal 2018.

Kemunculannya saat dilangsir keluar dari Balai Yasa Pengok pada 15 Desember 2017 lalu mengejutkan sebagian besar pecinta kereta. Seusai kemunculannya yang mengejutkan, rangkaian KAIS baru ini menjalani uji dinamis dari Lempuyangan hingga Solo Balapan pada 22 Desember 2017 lalu.

Rangkaian KAIS New Rail One merupakan hasil modifikasi dari 2 unit MCW 302 eks Kedungsepur yang dilakukan oleh Balai Yasa Pengok sejak pertengahan 2017 lalu. Lain halnya dengan KAIS lainnya seperti Wijayakusuma, Railone, ataupun Sriwijaya yang hanya terdiri dari 1 unit KRD, KAIS Lombok Ijo terdiri atas 2 kereta. Menurut rumor yang beredar, rangkaian KAIS Lombok Ijo akan beroperasi menggantikan Wijayakusuma dan Railone sebagai kereta inspeksi.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo