testimoni

testimoni

KAIS NeRO Jalani Uji Dinamis di Jakarta

SHARE
KAIS New Rail One (NeRO) saat meninggalkan Stasiun Jatinegara menuju Tanah Abang

[11/1]. Selama 2 hari belakangan ini pecinta kereta api di wilayah Jakarta dan sekitarnya dihebohkan oleh "tamu" yang berkunjung ke Jakarta. Bukan Raja Salman ataupun Vladimir Putin melainkan si "anak baru" KAIS New Rail One. KAIS ini tiba di Jakarta dari Yogyakarta kemarin sekitar pukul 6 pagi. Sesampainya di Jakarta rangkaian KAIS langsung masuk Dipo Lokomotif Tanah Abang.

Kedatangannya pada pagi hari sempat membuat penumpang di Stasiun Tanah Abang penasaran dengan KAIS ini. Di Dipo Tanah Abang pun dia hanya beristirahat sebentar. Pada pukul 12 siang rangkaian langsung menjalani uji coba dari Tanah Abang ke Cikampek. Dalam perjalanan berangkat, rangkaian berhenti sebentar di Stasiun Bekasi. Rangkaian tiba di Cikampek sekitar pukul 1 siang.

KAIS New Rail One saat dilangsir masuk Dipo Lokomotif Tanah Abang | picture by: Haekal

Rangkaian berhenti di Stasiun Cikampek sekitar 1 jam lamanya sebelum kembali ke Tanah Abang sekitar pukul 2 siang. Lain halnya dengan saat berangkat, pada perjalanan pulang rangkaian berjalan nonstop dan tak berhenti di stasiun manapun termasuk Bekasi dan Jatinegara. Rangkaian tiba di Stasiun Tanah Abang sekitar pukul setengah 4 sore. 

Uji coba ini dilakukan untuk melihat kesiapan rangkaian KAIS New Rail One sebelum mengangkut orang penting pertamanya, Menteri BUMN Rini Soemarno, ke Jatibarang pada hari ini. Ini merupakan uji dinamis keduanya setelah dimodifikasi menjadi KAIS. Uji dinamis pertamanya dilakukan dari Lempuyangan ke Solo Balapan pada 22 Desember 2017 lalu. 

Meski belum memiliki dipo induk resmi, namun kedatangan KAIS ini membuat Dipo Lokomotif Tanah Abang saat ini menampung 5 unit KRD MCW 302 yakni KAIS New Rail One, KRD NR baru, dan KAIS Wijayakusuma.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
   

About Bayu Tri Sulistyo