testimoni

testimoni

Rangkaian Prameks Kepulkan Asap di Yogyakarta

SHARE
Rangkaian Prameks yang kepulkan asap di Stasiun Tugu pada sore kemarin | picture by: Krishna Abdi Bagaskara via Komunitas Pramekers

[7/1]. Sore kemarin menjadi sore yang cukup mengejutkan di Stasiun Tugu Yogyakarta. Rangkaian kereta komuter Prambanan Express mengepulkan asap saat berhenti di Stasiun Yogyakarta. Rangkaian yang mengepulkan asap adalah rangkaian KRDE AC dengan nomor set K3 2 12 01F yang melayani perjalanan KA 264 relasi Yogyakarta - Solo Balapan. Asap mengepul dari bawah kereta 3 dengan nomor seri K3 2 12 03.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 4 sore. Saat itu KA 264 sedang menunggu waktu keberangkatan. Tiba-tiba asap hitam mengepul dari bawah kereta 3. Teknisi kereta kemudian mematikan genset AC yang berada di bawah kereta 3 untuk mencegah kepulan asap bertambah parah. Petugas keamanan Stasiun Yogyakarta bersama dengan kru kereta berusaha menghentikan kepulan asap dengan menyemprotkan hidran ke bagian bawah kereta.

Petugas yang menyemprotkan hidran ke kolong kereta yang mengepulkan asap | picture by: Krishna Abdi Bagaskara via Komunitas Pramekers

Kepulan asap berhasil dihentikan 15 menit kemudian. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini. Diduga kepulan asap berasal dari pembakaran genset AC yang tidak sempurna. Akibat peristiwa ini KA 246 yang seharusnya diberangkatkan pukul 16.05 terlambat 40 menit. Ini bukanlah kali pertama rangkaian Prameks mengepulkan asap.

Sebelumnya pada Juni 2017 lalu rangkaian KRDI non-AC Prameks eks Madiun Jaya mengepulkan asap di Stasiun Brambanan saat berdinas KA 253 relasi Solo Balapan - Yogyakarta. Akibat peristiwa ini, penumpang KA 253 terpaksa dialihkan ke perjalanan Prameks selanjutnya.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo