testimoni

testimoni

21 Februari Pangrango Kembali Beroperasi Sampai Bogor

SHARE
KA Pangrango saat memasuki Stasiun Bogor

[20/2]. Setelah 10 hari lamanya dipotong hanya sampai Cigombong, kini perjalanan KA Pangrango kembali sampai Stasiun Bogor. Mulai besok (21/2), perjalanan KA Pangrango kembali ke rute awal Bogor - Sukabumi.

Perjalanan dikembalikan setelah perbaikan sementara di petak Batutulis - Maseng yang longsor selesai dilakukan. Perbaikan sementara ini berupa jembatan darurat yang membentang di atas jalur yang terdampak longsor.

Jembatan sementara ini dibangun selama seninggu dengan menggunakan tiang pancang baja sebagai penopangnya. Jembatan ini telah diujicoba selama 3 hari menggunakan lokomotif CC 206 yang berjalan mondar-mandir di atas jembatan dan juga menggunakan rangkaian KA Pangrango.

Jembatan darurat yang membentang di atas lokasi longsor di petak Batutulis - Maseng | picture by: Kakang Esa

Meskipun KA Pangrango sudah dapat beroperasi normal, namun untuk perjalanan kereta barang seperti angkutan semen Nambo - Cisaat dan dan angkutan Aqua Cicurug - Jakarta Gudang masih dibatalkan perjalanannya. Belum diketahui kapan kereta barang tersebut akan kembali beroperasi. Proses perbaikan permanen jalur yang longsor masih dilakukan oleh tim regu jalan dan rel. 

Sebelumnya pada 5 Februari lalu, 2 longsoran terjadi di Jalur Bogor - Sukabumi. Longsoran pertama terjadi di proyek Tol Bocimi yang berada di petak Cigombong - Cucurug. Longsoran kedua yang memutuskan jalur terjadi di petak Batutulis - Maseng. 

Longsoran di petak Batutulis - Maseng tak hanya memutuskan jalur Bogor - Sukabumi tapi juga menimbun 2 rumah warga yang berada di bawah jalur.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo