testimoni

testimoni

Beginilah Tampak Rangkaian LRT Palembang

SHARE
Tampak bagian depan rangkaian LRT Palembang

[19/2]. Jelang dimulainya perhelatan olahraga akbar se-Asia, Asian Games 2018, pengerjaan proyek kereta ringan atau LRT di Kota Palembang dikebut. Segalanya dipersiapkan secara sempurna di Kota Pempek yang menjadi tuan rumah gelaran ini. Tak hanya jalurnya, rangkaian keretanya pun juga sudah mulai menampakkan diri. Lantas bagaimana kah bentuknya?

Dari foto yang diunggah oleh akun Instagram Olikbojes, terlihat bentuk dari rangkaian LRT mengikuti model yang digunakan oleh tram di Eropa. Bentuk bagian depannya lancip, berjendela depan lebar, dan aerodinamis. Jika diperhatikan, bentuknya akan mengingatkan kita pada rangkaian Railbus Kertalaya yang beroperasi di rute Kertapati - Indralaya. 

Dinding samping kereta dibuat berwarna putih dengan livery berwarna hijau dan emas. Jendela kereta dibuat berbingkai dengan list berwarna hitam yang memanjang persis seperti kereta bandara. Pintu kereta ada 4 buah di mana 2 ditempatkan di sisi kanan dan 2 lagi di sisi kiri kereta. Ada yang unik dari pintu rangkaian LRT Palembang.

Pintu kereta dibuat bergeser di luar kereta. Sistem pintu seperti ini mengingatkan kita pada rangkaian LRT Manila di Filipina yang pintunya juga seperti ini.

Tampak samping LRT Palembang

Untuk lebar sepurnya sendiri akan menggunakan lebar standar Indonesia (1067 mm). Hal ini berbeda dengan LRT Jabodebek yang rencananya akan menggunakan lebar sepur standar Internasional (1435 mm). Sumber listrik kereta nantinya akan menggunakan sistem listrik aliran bawah (LAB) yang diambil dari rel ketiga menggunakan sepatu listrik. Rencananya LRT Palembang akan dikirim pada Maret 2018, diujicoba pada April 2018, dan beroperasi penuh pada Juni 2018 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Pictures by: Instagram Olikbojes

About Bayu Tri Sulistyo