testimoni

testimoni

Kereta Ekonomi "Premium" Dikirim ke Sumatera

SHARE

Rangkaian kereta ekonomi "Premium" yang sudah dinaikkan ke atas kapal | picture by: Rudi Yono

[17/2]. Setelah hampir setahun lebih beroperasi di Pulau Jawa, akhirnya rangkaian kereta ekonomi "Premium" 2017 dikirim ke Sumatera. Rangkaian yang dikirimkan merupakan rangkaian yang sebelumnya beroperasi sebagai Tawang Jaya Premium dan Jayakarta Premium. Rangkaian ini terakhir kali beroperasi sebagai Tawang Jaya Premium da Jayakarta Premium pada 11 Februari lalu.

Pengiriman dilakukan melalui jalur laut. Rangkaian sempat menginap di Tanjung Priok selama seminggu lebih untuk dilakukan pengecekan serta menunggu kapal pengangkut. Keduanya akan dikirim ke Divre 4 Tanjungkarang dan Divre 1 Sumatera Utara. Kapal yang digunakan adalah kapal LCT Perkasa Prima 88 yang berbendera Indonesia.

Rangkaian kereta ekonomi Premium saat berada di Stasiun Tanjung Priok pada 11 Februari | picture by: Diki Darmawan

Rencananya kapal singgah di Pelabuhan Panjang, Lampung untuk menurunkan rangkaian untuk Divre 4. Kemudian kapal akan kembali berlayar ke tujuan akhir Pelabuhan Belawan untuk mengangkut rangkaian untuk Divre 1. Belum diketahui secara pasti akan beroperasi sebagai apa rangkaian Premium ini di sana.

Rangkaian kereta ekonomi "Premium" 2017 pertama kali beroperasi pada musim mudik Lebaran 2017 lalu sebagai kereta tambahan. Setelah musim Lebaran usai, rangkaian disebar dan beroperasi sebagai kereta premium seperti Tawang Jaya Premium, Jayakarta Premium (sebelumnya GBMS), Wijayakusuma, dan Argo Parahyangan Premium.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo