testimoni

testimoni

KRL Mania Adakan Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Seksual di Stasiun Bogor

SHARE
Peserta sosialisasi yang terdiri dari KRL Mania, Komunitas Perempuan, dan KCI saat berfoto bersama

Pelecehan seksual saat ini tengah marak terjadi di tempat-tempat umum. Kebanyakan korban pelecehan adalah kaum hawa. Pelecehan dilakukan baik secara fisik maupun verbal. Hal ini sangatlah mengkhawatirkan karena dapat berakibat buruk bagi sang korban. 

Oleh karena itu, komunitas penumpang KRL Mania bekerjasama dengan Komunitas Perempuan, KCI, dan MacroAd Linikini mengadakan sosialisasi pencegahan pelecehan seksual di angkutan umum. Aksi ini dilakukan di Stasiun Bogor pada Sabtu siang kemarin. Aksi dilakukan di loket Stasiun Bogor mulai dari pukul 13:00 hingga pukul 16:00.

Orasi mengenai pelecehan seksual yang dilakukan di gate Stasiun Bogor

Beragam aksi dilakukan untuk mensosialisasikan bahaya pelecehan seksual serta apa yang harus dilakukan ketika menjadi korban atau melihat korban pelecehan, mulai dari pembagian brosur, orasi di gate, pennggelaran spanduk, hingga penyuluhan mengenai bentuk-bentuk pelecehan dan cara membela diri dengan alat-alat sederhana. 

Selain itu ada penandatangan spanduk petisi yang mendorong pengesahan RUU Kekerasan Seksual kepada pemerintah oleh penumpang yang turun di Stasiun Bogor. Aksi ini tak hanya diikuti oleh kaum hawa, kaum adam pun juga turut berpartisipasi dalam aksi ini.  

Penandatanganan petisi mendorong pengesahan RUU Kekerasan Seksual kepada pemerintah
Aksi ini barulah aksi pertama yang dilakukan. Rencananya aksi selanjutnya akan dilakukan pada Maret mendatang dan puncaknya pada tanggal 21 April mendatang bertepatan dengan Hari Kartini. Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini dapat mengurangi kasus pelecehan seksual di angkutan umum terutama di kereta api serta dapat mendorong pemerintah untuk dapat secepatnya mengsahkan RUU Kekerasan Seksual di mana RUU ini juga mengatur tentang pelecehan seksual.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo