testimoni

testimoni

Lintas Pantura dan Poros Puwokerto Lumpuh Akibat Banjir di Ciledug dan Losari

SHARE
Jalur di petak Ketanggungan - Ciledug yang terendam air | Tribunnews

[23/2]. Oke mungkin berita ini akan menjadi berita gangguan double kill terbaik yang pernah kami buat. Dua jalur utama di Daop 3 Cirebom, yakni Jalur Cirebon Prujakan - Prupuk yang menghubungkan Lintas Pantura dengan Poros Purwokerto dan Jalur Cirebon Prujakan - Brebes yang berada di Lintas Pantura lumpuh total akibat terendam banjir.

Banjir merendam petak antara Ketanggungan - Ciledug di Poros Purwokerto dan Tanjung - Losari di Lintas Pantura. Banjir diakibatkan oleh meluapnya Sungai Cisanggarung yang diseberangi oleh kedua jalur. Awalnya yang terendam hanya petak Ketanggungan - Ciledug. Namun karena air terus mengalir ke hilir sehingga banjir juga turut merendam petak Tanjung - Losari.

Mengko sore rasah dines turu wae  Ciledug area  mosok kudu lwt Jebres 
Dikirim oleh Fakhrudin Nur Hidayat pada 22 Februari 2018

Banjir merendam hingga ketinggian 13 centimeter dan merendam keseluruhan jalur bahkan hingga mengikis lapisan balas. Akibat peristiwa ini, perjalanan kereta di kedua lintas terpaksa dihentikan karena kereta tidak bisa dialihkan. Sampai berita ini diturunkan, perjalanan KA yang terganggu diantaranya adalah KA 43 Bima, KA 202 Tawang Jaya, KA 58 Purwojaya, KA 186 Progo, dan KA 102 Ranggajati.

Beberapa KA juga terpaksa overstappen atau potong relasi dan penumpang dialihkan ke KA lain. KA yang overstappen di antaranya adalah KA 1 dan 2 Argo Bromo Anggrek dan KA 121 dan 122 Sawunggalih. Perjalanan KA 1 hanya sampai Stasiun Tegal, KA 121 hanya sampai Ketanggungan, KA 2 dan KA 122 hanya sampai Stasiun Cirebon. Selanjutnya penumpang diantar menggunakan bus untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju stasiun tempat kereta selanjutnya menunggu.

Perjalanan KA 7064 Jayakarta dialihkan lewat Bandung. Jalur hulu Lintas Poros Purwokerto kembali dibuka pada pukul 16:50. Kereta pertama yang melintas pasca banjir adalah KA 174 Gayabaru Malam Selatan. Kereta dapat melintas dengan batas kecepatan 5 km/jam. Sedangkan untuk jalur hilir Lintas Poros Purwokerto dan Lintas Pantura masih belum bisa dilalui menunggu selesainya proses perbaikan oleh regu jalan dan rel.

Tak hanya merendam jalur kereta api, luapan Sungai Cisanggarung juga merendam Tol Kanci - Pejagan di kilometer 238. Selain itu luapan air juga merendam sembilan kecamatan di Kabupaten Cirebon. Bahkan salah satu kecamatannya, Kecamatan Pasaleman, hampir sepenuhnya terendam air.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo