testimoni

testimoni

Petak Gundih - Karangsono Longsor, Perjalanan Lintas Poros Jateng Dialihkan

SHARE
Jalur di petaj Gundih - Karangsono yang longsor kemarin | picture by: Tatag Wahyu Utama

[18/2]. Anda sedang naik kereta api Brantas, Matarmaja, Kalijaga, Bangunkarta, ataupun Majapahit saat ini? Anda akan menikmati momen yang jarang terjadi di Lintas Poros Jateng. Pasalnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Semarang dan sekitarnya mengakibatkan jalur di petak antara Gundih dan Karangsono longsor.

Longsoran mengikis tepian rel hingga mendekati jalur sehingga kereta tidak dapat melintas di sana. Longsoran diketahui setelah petugas regu jalan rel melakukan inspeksi rutin di jalur tersebut. Setelah melihat adanya longsoran, petugas kemudian melaporkan hal tersebut ke stasiun terdekat dan jalur Gundih - Kedungjati ditutup.

Ditutupnya Lintas Poros Jateng Gundih - Kedungjati membuat sejumlah perjalanan KA terpaksa dialihkan lewat Jalur Darurat Gundih - Gambringan agar bisa melanjutkan perjalanan menuju Semarang lewat Lintas Pantura. Perjalanan KA yang dialihkan antara lain Brantas, Matarmaja, Kalijaga, Majapahit, dan kereta barang angkutan semen.

Ini merupakan momen langka karena Jalur Gundih - Gambringan terbilang jarang digunakan. Jalur ini bisa dibilang merupakan jalur tidur karena status jalur ini adalah jalur aktif namun tidak ada kereta yang melintas secara reguler di sini. Sejumlah pecinta kereta api pun tak mau melewatkan momen melintasnya kereta api di jalur tidur ini. Belum diketahui secara pasti sampai kapan pengalihan ini akan dilakukan. Proses perbaikan petak yang longsor tengah dilakukan oleh regu jalan dan rel.

KA Kalijaga yang dialihkan lewat Jalur Gundih - Gambringan | picture by: Kusnadi

Update: Minggu malam pukul 19.31 jalur di petak Gundih - Katangsono sudah bisa dilewati kereta dan Lintas Poros Jateng sudah dibuka untuk lalu lintas kereta.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo