testimoni

testimoni

Toei 6000 Jadi Monumen di Dipo Depok

SHARE
Satu kereta Toei 6000 yang dinaikkan ke atas truk untuk dijadikan monumen | picture by: Budi Surono
(26/2) - Dua tahun purna tugas dari dinasan reguler di lintas Jabodetabek, KRL Toei 6000 pun mendapatkan keistimewakan baru. Satu unit kereta berkabin dengan nomor 6181 dari rangkaian 6181F yang pensiun sejak 2016 dipindahkan dari rel utama di dipo Depok ke tempat barunya, yaitu rel monumen yang ada di sebelah kantin dipo Depok.

Awalnya, rangkaian ini dipurnatugaskan karena harus mendonorkan komponen konverter DC-DC miliknya untuk rangkaian 6127F eks Tokyo Metro pada tahun 2016 yang lalu, sehingga praktis rangkaian ini tidak dapat dioperasikan lagi dengan formasi utuh. Enam unit kereta tengah di rangkaian ini kemudian dipisahkan dari dua unit kereta kabinnya, yang kemudian kereta kabin tersebut sempat digunakan sebagai pelangsir di Dipo Depok membantu TMC milik Kementerian Perhubungan yang diperbantukan di Dipo Depok. Kereta ini kemudian dimasukkan ke loos perawatan pada akhir 2017 untuk dimodifikasi, di mana kereta 6181 dimodifikasi agar dapat menyala tanpa memerlukan listrik aliran atas dari pantograf.

Kereta Toei 6121 yang tiba di jalur monumen di samping kantin pegawai | picture by: Yaser Maula Akli

Kereta 6181 kemudian diangkut menggunakan truk menuju jalur untuk monumen yang sudah disiapkan di samping kantin pegawai Dipo Depok. Relnya sendiri sudah dipersiapkan sejak pertengahan 2017 lalu.

Kereta diturunkan dari truk menggunakan dongkrak ke jalur monumen yang sudah disediakan. Tak hanya sekedar monumen, Toei 6000 ini juga nantinya akan digunakan sebagai kereta edukasi. Bagi kalian yang ingin melihat monumen Toei 6000 ini tidak perlu susah-susah masuk Dipo Depok karena kalian bisa melihatnya dari jembatan yang paling dekat dengan ujung selatan Dipo Depok.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo