testimoni

testimoni

Beginilah Tampilan Tokyo Metro 2000 Yang Akan Beroperasi di Jalur Marunochi

SHARE
Tampilan rangkaian Tokyo Metro 2000 | Itmedia


[27/3]. Setelah hampir 30 tahun tak mendapat rangkaian baru, Jalur Tokyo Metro Marunochi akhirnya akan mendapatkan rangkaian kereta batu seperti jalur-jalur lainnya. Tokyo Metro merilis desain rangkaian Tokyo Metro 2000 yang akan dioperasikan di Jalur Marunochi.

Tokyo Metro 2000 sebenarnya adalah pengembangan lebih lanjut dari Tokyo Metro 1000 yang dioperasikan terlebih dahulu di Jalur Ginza. Desain rangkaian Tokyo Metro 2000 terlihat jauh lebih modern daripada Tokyo Metro 1000.

Bentuk muka kereta dibuat sedikit lebih bulat ketimbang Tokyo Metro 1000. Lampu depan kereta dibuat seperti angka 8 menyatu dengan lampu semboyan belakang. Hampir keseluruhan kereta diwarnai dengan warna merah yang menjadi ciri khas Jalur Marunochi.

Garis putih memanjang di sepanjang bagian atas kereta mulai dari jendela pertama kereta 1 hingga jendela terakhir kereta 6. Ada yang unik pada desain jendela kereta ini. Di jendela paling pojok atau lebih tepatnya di bangku prioritas, jendela kereta dibuat bulat. Tidak seperti jendela lainnya yang persegi. 

Jendela bangku prioritas yang dibuat bulat | Itnews

Selanjutnya kita beralih ke interior kereta. Desain interior kereta hampir sama seperti Tokyo Metro 1000. Hanya bedanya, bangku dan lantai kereta diwarnai merah. Pintu pembatas sambungan kereta dibuat dari kaca yang dihiasi dengan ukiran bergambar bunga sakura. Handgrip kereta didesain seperti handgrip pada rangkaian-rangkaian lama Tokyo Metro untuk memberikan kesan klasik dan jadul.

Ada fasilitas baru di kereta ini. Di sudut kereta dekat bangku prioritas disediakan 2 unit stopkontak yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mencharge telepon genggam ataupun gadget lainnya. Selain itu, kereta ini juga dilengkapi kamera CCTV untuk mencegah tindak kriminal dan pelecehan seksual di dalam kereta.

Tampak interior Tokyo Metro 2000 | Itnews

Satu set Tokyo Metro terdiri atas 6 kereta. Rangkaian ini tetap mempertahankan desain 6 pintu per kereta. Rencananya akan mulai beroperasi pada Februari 2019 menggantikan Tokyo Metro 02 yang sudah memasuki masa purnatugas.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo