testimoni

testimoni

Indian Railway Sukses Ubah Lokomotif Diesel-Elektrik Jadi Lokomotif Listrik

SHARE
Lokomotif listrik hasil konversi dari diesel-elektrik yang dilakukan oleh Indian Railway | Financial Express

[5/3]. Perkeretaapian India seolah tak pernah berhenti membuat inovasi yang sedikit out of the box. Indian Railway berhasil mengkonversi sebuah lokomotif diesel-elektrik menjadi lokomotif listrik. Lokomotif diesel-elektrik yang berhasil dikonversi merupakan lokomotif kelas WAGC3 yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur lokomotif India, Diesel Locomotive Works.

Dipilihnya lokomotif ini juga bersamaan dengan peremajaan paruh umur lokomotif ini. Konversi ini pun membawa dampak yang cukup signifikan bagi lokomotif ini. Kekuatan lokomotif ini bertambah dari yang sebelumnya hanya 2.600 hingga 3.200 tenaga kuda bertambah hingga 5.000 tenaga kuda setelah dikonversi. Konversi lokomotif WAGC3 dari diesel-elektrik menjadi lokomotif listrik bukanlah perkara yang mudah.

Bagian belakang lokomotif WAGC3 yang sudah dikonversi | Financial Express

Lokomotif listrik biasanya memiliki kabin ganda di tiap ujung lokomotif. Namun kasus yang dihadapi oleh WAGC3 ini sangatlah berbeda. Lokomotif ini hanya memiliki kabin tunggal dan posisi kabin berada di tengah lokomotif sehingga banyak hal yang harus disesuaikan dari lokomotif ini ketika dikonversi.

Rencananya akan ada 2 lokomotif yang dikonversi sebagai purwarupa. Dan lokomotif ini nantinya tidak akan beroperasi secara terpisah melainkan menyatu satu sama lain sehingga tenaga yang dihasilkan akan sangat besar yakni mencapai 10.000 tenaga kuda. Selain mengkonversi lokomotif diesel-elektrik menjadi lokomotif listrik, India juga tengah mengujicoba lokomotif listrik Alstom Prima hasil kerjasama antara Indian Railway dan Alstom.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo