testimoni

testimoni

KA Lodaya Anjlok di Bumiwaluya

SHARE
Kereta bisnis 3 Lodaya yang anjlok di Bumiwaluya | picture by: April Hadi
[22/3]. Lagi-lagi perjalanan Lintas Selatan Jawa kembali terganggu. Kali ini gangguan disebabkan oleh anjloknya KA Lodaya. KA 79 Lodaya relasi Solo Balapan - Bandung anjlok di sebuah tikungan di petak antara Bumiwaluya - Warungbandrek pada Kamis sore. Rangkaian yang dihela lokomotif CC 206 13 02 anjlok sebanyak 2 as di kereta bisnis 3. Kereta anjlok pada pukul 14.12 saat hendak melintasi tikungan di petak tersebut. Akibat peristiwa ini, sejumlah perjalanan KA di Lintas Selatan Jawa Barat terganggu.

Bogie kereta bisnis 3 yang anjlok 2 as | picture by: Hilman Moreira

Setidaknya ada 4 perjalanan KA yang tertahan. KA yang tertahan di antaranya adalah KA 216 Serayu Pagi relasi Pasar Senen - Purwokerto tertahan di Cibatu, KA 203 Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo tertahan di Stasiun Cipeundeuy, KA 5 Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng yang tertahan di Stasiun Tasikmalaya, dan KA 92 Malabar yang tertahan di Stasiun Kiaracondong.

Kereta yang selamat kemudian dibawa menuju stasiun terdekat untuk mempermudah proses evakuasi. Kereta bisnis 1 dan 2 dibawa ke stasiun selanjutnya yakni Stasiun Warungbandrek. Sedangkan sisa kereta selamat di belakangnya dibawa ke stasiun sebelumnya yakni Stasiun Bumiwaluya.

Crane Kirow dan kereta penolong milik Dipo Lokomotif Bandung diturunkan untuk mengevakuasi kereta yang anjlok. KLB penolong tiba di TKP sekitar pukul setengah 6 sore. Setibanya di TKP, crane langsung melakukan proses evakuasi dengan mengangkat kereta yang anjlok kembali ke tempat jalurnya seperti semula.

Evakuasi kereta yang anjlok selesai sekitar pukul 19.12. Kereta yang anjlok kemudian dibawa menuju Stasiun Warungbandrek. Setelah proses evakuasi selesai, perbaikan jalur dilakukan oleh tim regu jalan rel. Saat ini jalur sudah dapat dilalui dengan normal. Kereta pertama yang melintas adalah KA 216 Serayu Pagi relasi Pasar Senen - Kutoarjo. Berhubung rangkaian kereta bisnis Lodaya baru selesai dievakuasi, perjalanan KA 82 Lodaya Malam digantikan dengan rangkaian KA Harina.





RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo