testimoni

testimoni

Kereta Ekonomi Premium Tiba di Lampung

SHARE
Persiapan penurunan K3 0 17 10 (Ekonomi Premium) di Pidada | Foto : Ikhwan Perdana B
(5/3) - Setelah trainset kereta ekonomi Premium kedua tiba di tanah Deli, giliran trainset pertama kereta ekonomi premium tiba di tanah Ruwa Jurai. Kereta ekonomi Premium yang kabar pengirimannya sudah berhembus dari masa libur Idul Fitri 2017 ini tiba di stasiun Pidada pada hari Minggu (4/3) kemarin. Kereta ekonomi Premium tersebut merupakan train set 1 yang terdiri dari 10 kereta ekonomi dengan nomor K3 0 17 01-10 dan kereta makan pembangkit dengan nomor MP3 0 17 01

Sebelumnya satu set K3 premium angkatan 2017 tersebut dipakai sebagai KA Wijaya Kusuma relasi Yogyakarta - Cilacap. Setelah rangkaiannya di kumpulkan di Stasiun Tanjung Priok, rangkaian ini sempat terpencar dipakai oleh beberapa KA akibat banjir di jalur Pantura beberapa waktu yang lalu sehingga pengiriman sempat tertunda. Setelah formasi KA kembali normal maka kereta ekonomi premium ini dikumpulkan kembali ke Tanjung Priok dan dikirim ke Lampung via Pelabuhan Panjang.

Sesampainya di Pelabuhan Panjang pada Minggu kemarin, rangkaian ini dikirim ke Stasiun Pidada dengan menggunakan truk cometto. Penurunan satu set K3 tersebut membutuhkan waktu hingga dini hari. Setelah selesai diturunkan maka rangkaian Kereta Ekonomi tersebut dibawa ke Stasiun Tanjung Karang yang sebelumnya dibawa dahulu ke Stasiun Sukamenanti untuk diberangkatkan oleh PPKA setempat.
Rangkaian Kereta Ekonomi Premium Mulai dirangkai Sebagian | Foto : Andri Yunus Saputra
Kehadiran kereta ekonomi premium di Lampung telah terjadi dinamika terutama soal pemakaian kereta ekonomi premium yang dianggap menjadi sangat menarik untuk dibahas. Terhitung dari Februari 2018 hingga saat ini banyak opsi yang dipaparkan dalam penggunaan Kereta Ekonomi yang terbilang baru di Sumbagsel, antara lain:
  • Sebagai penambah kelas layanan di Kereta Komersial Limeks Sriwijaya (Tanjung Karang - Kertapati) dan Sindang Marga (Kertapati - Lubuk Linggau)
  • Sebagai KA "Lokal" baru relasi Kotabumi - Baturaja.
Dalam beberapa hari terakhir, pihak Stasiun Kotabumi telah menyebarkan kuesioner kepada calon penumpang yang biasa menggunakan jasa kereta api. Kuesioner itu digunakan untuk melihat tren penumpang terhadap rencana mengadakan angkutan Kereta Api "Lokal" relasi Kotabumi - Baturaja. Jika trennya bagus maka direncanakan pada tanggal 1 April mendatang akan dijalankan kereta "lokal" yang dimaksud dan dijalankan 2 kali sehari. Satu hal yang belum diketahui dengan pasti yakni harga tiket yang ditetapkan. Mungkinkah harga tiketnya menyamai harga tiket Rajabasa yaitu Rp 32.000 atau harga yang lain? Kita lihat saja.

RED | Ahmad Afif "sepurmabur" Mahdi

About Ahmad Afif

Orang biasa yang menjelajah hidup, kontributor wilayah Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang