testimoni

testimoni

MRT Jakarta Adakan Sayembara Melodi Keberangkatan Kereta

SHARE
Seorang kondektur Tokyo Metro saat memberangkatkan kereta | Japantimes


[2/3]. Kalian pecinta kereta api? Senang bereksperimen dengan musik? Ada kabar gembira nih buat kalian yang pecinta kereta api dan senang bereksperimen dengan melodi dan nada. MRT Jakarta mengadakan sayembara melodi keberangkatan kereta di stasiun. Sayembara ini terbuka untuk umum. 

Sayembara akan diadakan mulai 1 Maret hingga 31 Maret 2018. Lalu pada tanggal 7 April 2018 akan diumumkan 3 nominasi melodi keberangkatan terbaik. Pemenang sayembara akan ditentukan melalui voting yang diadakan dari tanggal 8 hingga 21 April 2018. Pemenang lomba akan diumumkan pada Juni 2018 bersamaan dengan diverifikasikannya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) melodi ke Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.



Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para "musisi" melodi ini. Peserta lomba boleh individu ataupun kelompok yang didaftarkan dalam satu nama. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim satu melodi saja. Melodi yang dikirimkan berformat .wav dengan durasi 10 detik, dibuat menggunakan instrumen MIDI audio, dan melodi haruslah enak didengar. Pastinya melodi yang dikirim harus orisinil dan tidak diperbolehkan menjiplak.

Melodi yang sudah jadi dapat diunggah bersama identitas diri. Bagi kalian yang berhasil memenangkan sayembara ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta dan melodi kalian akan diputar di stasiun-stasiun MRT Jakarta. Untuk pengunggahan data diri dan melodi serta informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman sayembarajingle.jakartamrt.co.id .

"Aduh gak ada ide nih buat bikin melodi". "Emang melodinya yang kayak gimana sih?" Tenang! Tim REDaksi itu orang-orangnya baik hati dan tidak sombong. Tim REDaksi akan memberikan sampel melodi pemberangkatan kereta dari Jalur Yamanote. Nah melodi seperti inilah yang harus kalian buat dalam sayembara ini. 



Jadi tunggu apa lagi? Ayo buat melodi karyamu sendiri dan jadilah pecinta kereta api yang bangga karena karyanya memiliki kontribusi dalam perkeretaapian Indonesia seperti pencipta melodi pemberangkatan kereta di Jepang, Minoru Mukaiya.

baca juga: Inilah Pria Dibalik Beragamnya Melodi Pemberangkatan Kereta di Jepang


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo