testimoni

testimoni

PPKA Kebingungan, Kereta Penumpang di India Salah Jurusan

SHARE
Ilustrasi kereta penumpang India | railanalys.in

[30/3]. Seringkah anda merasa linglung atau bingung di suatu ketika. Ya semua orang pasti pernah mengalaminya. Kebingungan seperti itu seringkali membuat orang lain kesal atau yang lebih parah bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal. Seperti yang baru-baru ini terjadi di India. Seorang PPKA salah membelokan kereta penumpang jurusan New Delhi ke arah Delhi Lama.

Peristiwa unik ini terjadi pada Kamis kemarin. Pada saat itu, PPKA yang diketahui bernama Aslan sedang bertugas di Stasiun Sadar Bazar pada pagi hari. Sekitar pukul 7.38 waktu setempat, ada 2 kereta penumpang yang berbeda jurusan datang bersamaan yakni KA 64464 relasi Panipat - New Delhi dan KA 64004 relasi Sonepat - Delhi Lama.

Aslan yang saar itu tengah bertugas kebingungan karena kedatangan dua kereta dengan nomor pemberangkatan dan jurusan yang nyaris sama. Karena kebingungan, Aslan tidak sengaja membelokan kereta jurusan New Delhi ke jalur arah Delhi lama. Menyadari kesalahannya, Aslan kemudian memerintahkan masinis kereta jurusan New Delhi yang salah belok kembali ke Stasiun Sadar Bazar untuk dikembalikan ke jalur yang semestinya.

Pihak perusahaan kereta api mengatakan peristiwa ini sangatlah jarang terjadi pada kereta reguler. Pihak perusahaan kemudian menghimbau semua kru dan operator untuk lebih berkonsentrasi dan lebih teliti melihat nama, nomor, dan jurusan kereta agar peristiwa ini tidak terulang lagi. Sebenarnya peristiwa ini adalah yang kedua kalinya terjadi di India dalam setahun terakhir.

Sebelumnya pada 2017 lalu, satu perjalanan kereta istimewa yang seharusnya melakukan perjalanan lewat Tundla salah dibelokkan menjadi lewat Moradabad. Dari peristiwa tersebut kita dapat menarik pelajaran yang berharga untuk lebih teliti dan berhati-hati dalam mengambil keputusan karena kesalahan sekecil apapun dapat berakibat fatal.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
 

About Bayu Tri Sulistyo