testimoni

testimoni

Proyek DDT Ditargetkan Selesai 2020

SHARE
KRL Commuter Line saat melintas di daerah Cakung

[8/3]. Selalu menggantung bagai cinta yang bertepuk sebelah tangan, proyek jalur dwiganda atau double-double track (DDT) Manggarai - Cikarang tak kunjung selesai. Seolah menjadi pelipur lara disusul 3 kereta jarak jauh di Stasiun Cakung, Kemenhub berusaha memberikan kepastian kapan proyek ini akan selesai dikerjakan dan mulai beroperasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek jalur dwiganda Manggarai - Cikarang ditargetkan selesai pada 2020 mendatang. Hal tersebut disampaikan Budi pada saat kunjungan ke proyek Dipo Lokomotif Cipinang pada Minggu kemarin. Budi mengatakan saat ini pihak Kemenhub tengah berusaha mengebut pengerjaan jalur dwiganda dan memangkas waktu target selama 2 tahun dari yang sebelumnya 2022 menjadi 2020.

Selain masalah jalur dwiganda, Budi juga mengatakan proyek bangunan baru di 5 stasiun di Lintas Timur akan selesai dan dapat digunakan pada 2018 ini. Kelima stasiun tersebut diantaranya adalah Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, dan Kranji. Selain itu akan dilakukan penertiban lahan seluas 1100 meter persegi untuk proyek DDT di Manggarai.

Namun untuk warga Bekasi mungkin bisa sedikit berbahagia. Pasalnya Kemenhub menargetkan Jalur Dwiganda Manggarai - Bekasi akan selesai pada 2019. Setelah Jalur Dwiganda Manggarai - Bekasi selesai, Kemenhub berencana akan menambah kapasitas angkut KRL sebanyak 25% atau sekitar 100.000 penumpang per hari. Semoga saja rencana ini dapat selesai tepat waktu agar warga Bekasi tak terus-terusan menderita karena susulan yang terkadang melewati batasan logika manusia.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo