testimoni

testimoni

Kamboja Luncurkan Kereta Bandara Pertamanya

SHARE
Rangkaian kereta bandara Phnom Penh yang resmi beroperasi | Railway Gazette 
[13/4]. Beberapa negara di Asia Tenggara saat ini tengah berusaha memperbaiki atau menghidupkan kembali layanan kereta api di negaranya. Kemacetan parah akibat tingginya volume kendaraan di jalan raya membuat negara ini harus memperbaiki layanan keretanya guna mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah Kamboja.

Selasa kemarin, Kamboja meresmikan perjalanan kereta bandara pertamanya. Kereta bandara ini melayani perjalanan Phnom Penh - Bandara Internasional Phnom Penh. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Kamboja dan dihadiri sejumlah pejabat dari perusahaan kereta Kamboja, Royal Railway.

Jika anda berpikir kereta bandara ini akan terlihat mewah dan elegan sepertinya anda salah. Rangkaian sementara kereta bandara Phnom Penh hanya berupa 1 unit kereta penumpang dengan dua lokomotif diesel di depan dan belakang kereta.

Interiornya sendiri juga tidak terlalu mewah. Bangku kereta dibuat menyamping seperti Commuter Line. Pendingin ruangannya hanya menggunakan AC split yang ditempatkan di dinding kereta. Jalurnya juga bisa dibilang unik untuk sebuah kereta bandara karena bersinggungan secara langsung dengan jalan raya seperti tram.

Bagian dalam rangkaian sementara kereta bandara Phnom Penh | Railway Gazette

Rangkaian ini akan digunakan sampai 3 unit KRD yang dibeli oleh Royal Railway dari Meksiko tiba di Kamboja. Pihak Royal Railway mengatakan diresmikannya kereta bandara ini merupakan kebanggaan bagi Kamboja. Menteri Pekerjaaan Umum dan Transportasi Kamboja mengatakan kereta bandara ini bisa menjadi alternatif tercepat bagi masyarakat yang hendak menuju bandara.

Jalur kereta bandara Phnom Penh membentang sejauh 1,6 kilometer dari Stasiun Pnom Penh hingga Bandara Internasional Phnom Penh. Material dan peralatan yang dipakai untuk membangun jalur ini didatangkan dari Tiongkok. Jalur kereta bandara ini merupakan cabang dari Jalur Utama Phnom Penh - Sihanoukville.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo Railway Gazette

About Bayu Tri Sulistyo