testimoni

testimoni

Sanko Line Resmi Ditutup

SHARE
Kumpulan Railfans di Stasiun Kuchiba | Foto: Mainichi News
[1/4] - Jika di Osaka kabar mengharukan tiba dari Osaka Municipal Subway yang sejarahnya baru saja berakhir dan diteruskan oleh Osaka Metro, dari wilayah Hiroshima ada kabar mengharukan yaitu resmi ditutupnya JR Sanko Line oleh West Japan Railway Company (JR West) sepanjang 108,1 km yang menghubungkan Stasiun Gotsu di Prefektur Shimane dan Stasiun Miyoshi di Prefektur Hiroshima.


Berdasarkan yang dilansir dari Mainichi, JR Sanko Line resmi ditutup dengan operasional terakhirnya tanggal 31 Maret 2018. Penutupan ini dilakukan mengingat rendahnya okupansi penumpang, dengan okupansi penumpang pada tahun fiskal 2015 mencatat rekor paling rendah hanya 58 penumpang per kilometer yang membuat jalur ini merugi parah.

Pada hari terakhir operasional Sanko Line ini sendiri, ada sekitar 150 railfans dari seantero wilayah Jepang yang mendatangi lintas ini dan memadati KRD pemberangkatan pertama dari Stasiun Gotsu pukul 05.53. Di peron Stasiun Gotsu, petugas stasiun mengumumkan "Hari ini adalah hari terakhir operasinya Sanko Line. Terimakasih atas kepercayaan Anda selama ini". Tidak hanya di dalam rangkaian, peron stasiun pun ramai oleh railfans yang memotret dan mengucapkan selamat tinggal. 

Rencana penutupan ini sebelumnya telah digulirkan semenjak 2015 lalu, akan tetapi setelah diskusi dengan Prefektur Shimane dan Hiroshima serta kota dan pemukiman yang dilayani lintas ini, JR West baru memutuskan untuk menutup lintas ini pada 31 Maret kemarin. 

Sanko Line sendiri dibangun sejak tahun 1930 dengan seluruh lintas rampung dibangun pada tahun 1975. Dikarenakan adanya depopulasi dan ditambahnya kepemilikan kendaraan pribadi, okupansi lintas ini terus berkurang yang berkontribusi pada kerugian yang dialami. 
Tazu20080614.JPG
KiHa 120 di Stasiun Tazu, 2008 | Foto: Fwnb, Wikimedia
Penutupan lintas yang di akhir masa aktifnya dilayani KRD KiHa 120 ini menandakan pertama kalinya dalam sejarah lintas sepanjang lebih dari 100 km di Pulau Honshu ditutup semenjak privatisasi perusahaan nasional KA Jepang JNR (Japan National Railways) tahun 1987 silam.

Sumber:

RED | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.