testimoni

testimoni

17 Mei Solo Express Resmi Beroperasi

SHARE
Rangkaian KRDE Bandara yang digunakan Solo Express di Dipo Solo Balapan | picture by: Adhi Adiputro Sawunggalih

[15/5]. Setelah sempat tertunda perjalanannya akhirnya kini ada kepastian kapan KA Solo Express akan beroperasi. Mulai 17 Mei KA Solo Express akan mulai beroperasi. Sebelumnya Solo Express direncanakan beroperasi pada 11 Mei 2018. Namun rencana tersebut ditunda karena belum siapnya sarana kereta.

Rangkaian Solo Express baru menjalani uji coba pada tanggal 12 Mei lalu. Uji coba dilakukan untuk melihat kesiapan KRDE Bandara set kedua yang digunakan untuk perjalanan Solo Express. Dalam perjalanan perdana ini tiket Solo Express gratis selama 3 hari yakni mulai tanggal 17 hingga 20 Mei 2018. 

Selebihnya penumpang harus membayar tiket seharga Rp 30.000 untuk perjalanan Yogyakarta - Solo dan Yogyakarta - Kutoarjo serta Rp 40.000 untuk perjalanan Solo - Kutoarjo. Ada 4 perjalanan Solo Express dalam sehari, 2 kali dari Solo dan 2 kali dari Kutoarjo. Solo Express berhenti di stasiun Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, Yogyakarta, Wates, dan Kutoarjo.


KA Solo Express sendiri dijalankan untuk menambal kekurangan perjalanan Prambanan Express. Rangkaian yang digunakan adalah KRDE Bandara set kedua yang rencananya akan digunakan sebagai KA Bandara Internasional Adi Soemarmo. Namun karena jalurnya belum jadi rangkaian diperbantukan di jalur Solo - Yogyakarta - Kutoarjo.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo