testimoni

testimoni

GE Transportation Umumkan Peleburan Dengan Wabtec

SHARE
Lokomotif CC 206 yang dibuat oleh General Electric

[23/5]. Perusahaan manufaktur lokomotif dan alat transportasi di dunia, General Electric Transportation, mengumumkan rencana peleburan dengan perusahaan manufaktur kereta api Wabtec Corporation. Rencana tersebut diumumkan dalam press release yang dikeluarkan pihak GE Transportation pada Senin kemarin.

Wabtec sendiri adalah perusahaan manufaktur kereta api yang memproduksi armada kereta seperti lokomotif, kereta penumpang, dan gerbong barang serta suku cadang kereta seperti sistem pengereman yang bermarkas di Pennsylvania. Perusahaan ini sendiri merupakan hasil peleburan dari Westinghouse Air Brake Company dan MotivePower Industries Corporation pada 1999.

Pihak Wabtec sendiri memperkirakan peleburan dua perusahaan ini akan bernilai sekitar USD 10 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. Di mana ketika Wabtec mulai melakukan transaksi pembelian, GE akan menerima uang sebesar USD 2,9 miliar dan GE akan mendapatkan bagi hasil sebesar 50,1 persen dari perusahaan baru yang terbentuk setelah GE Transportation dan Wabtec dilebur.

Sebelumnya pada November 2017 lalu General Electric mengumumkan akan menjual anak usahanya di bidang transportasi yakni GE Transportation. Hal ini dilakukan karena jatuhnya harga nilai jual GE serta penghasilan GE Transportation yang terus turun setiap tahunnya. Tentu rencana peleburan ini akan memberikan dampak kepada dunia perkeretaapian terutama di Indonesia yang mayoritas lokomotif diesel elektriknya adalah buatan GE Transportation.

baca juga: General Electric Akan Menjual Usaha Keretanya


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Trains.com

About Bayu Tri Sulistyo