testimoni

testimoni

JR East Perlihatkan Desain Kereta Mewah Seri E261

SHARE
Desain rangkaian JR E261 

[8/5]. Setelah 28 tahun berdinas di Jalur Utama Tokaido, akhirnya rangkaian JR seri 251 akan mendapatkan penggantinya. Senin (8/5)  JR East melalui konferensi persnya memperlihatkan kepada publik desain rangkaian JR E261 yang akan menjadi pengganti JR seri 251 yang berroperasi sebagai Super View Odoriko dengan rute Tokyo - Izukyu Shimoda.

Desain JR E261 tentunya berbeda dengan pendahulunya yakni 251. Tampilan E261 terlihat jauh lebih modern. Bentuk bagian depannya jauh lebih bulat. Jendela kabin dibuat lebih lebar. Lampu depan kereta ditempatkan sejajar dengan coupler. Warna kereta pun hampir sama dengan seri 251 yakni kombinasi krem dan hijau toska. Hanya bedanya pada E261 warna hijau toskanya jauh lebih dominan.

Jendela kereta penumpang didesain ada dua yakni jendela samping dan jendela atas yang memungkinkan penumpang untuk meliihat pemandangan lebih luas dan lapang. Satu set E261 terdiri atas 8 kereta di mana kereta 1 adalah kereta green car premium, kereta 2 dan 3 adalah green single car, kereta 4 adalah kereta mie, dan kereta 5 hingga kereta 8 adalah green car biasa. Apa bedanya? Kita akan ulas satu-persatu.

Yang pertama adalah kereta 1 yang merupakan green car premium. Di kereta 1 kursinya menggunakan formasi 2 yang berada di bagian tengah kereta. Bangku kereta didesain persis seperti pesawat kelas bisnis yang akan memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpang. Bangku dapat diputar mengikuti arah kereta dan penyekat antara ruang penumpang dengan kabin masinis dibuat bening sehingga penumpang dapat melihat ke depan.

Tampilan bagian dalam kereta 1 rangkaian JR E261 | Trafficnews

Kemudian yang selanjutnya dibahas adalah kereta 2 dan 3 yang merupakan kereta kelas green private. Seperti namanya di kereta ini terdapat kamar-kamar tidur yang akan memberikan sedikit privasi bagi para penumpang. Selain kamar tidur, di kereta ini juga disediakan kafe yang dapat digunakan penumpang untuk mengobrol, menikmati pemandangan, ataupun bersantai.

Tampilan kafe yang berada di kereta kelas green private
Selanjutnya adalah kereta restorasi atau jauh lebih tepat disebut kereta "mie". Disebut demikian karena menu utama yang disediakan di kereta restorasi ini adalah mie. Seperti kereta restorasi biasa terdapat kursi dan meja tempat penumpang bisa makan. Terdapat pula dapur yang terbuka sehingga penumpang bisa melihat koki tengah memasak pesanan mereka. Jendela yang lebar membuat penumpang bisa melihat keindahan Pesisir Sagami sembari menyantap mie. Menunya pun akan berganti secara berkala mengikuti musim.

Tampilan kereta "mie"
Yang terakhir adalah kereta 5 hingga kereta 8 yang merupakan kereta kelas green car biasa. Tempat duduk di kelas green car menggunakan formasi 1-2. Kursi di kereta ini sama saja seperti green car pada umumnya yakni dapat direbahkan dan terdapat sandaran kaki yang dapat direntangkan sesuai dengan kebutuhan penumpang. Di green car ini juga tersedia rak bagasi yang luas, stop kontak, dan akses WiFi gratis bagi penumpang.

Tampilan kereta kelas green car
Rencananya rangkaian E261 akan mulai melayani perjalanan Super View Odoriko relasi Tokyo - Izukyu Shimoda lewat Jalur Utama Tokaido pada musim semi 2020 mendatang. Rencananya akan ada 2 set kereta yang diproduksi dan beroperasi. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
news source: Rilis Resmi JR East
pictures source: Trafficnews

About Bayu Tri Sulistyo