testimoni

testimoni

KA Bandara Minangkabau Resmi Beroperasi

SHARE
Rangkaian KRDE BIM saat berada di Stasiun BIM | picture by: Anggi Andrian Latif

[21/5]. Di hari keenam puasa Ramadhan ini warga Sumatera Barat sepertinya bisa berbahagia. Pasalnya hari ini KA Bandara Internasional Minangkabau atau biasa disebut Minangkabau Express resmi beroperasi. Peresmian dilakukan pagi tadi di Stasiun Bandara Internasional Minangkabau. Peresmian dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Peresmian juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Diresmikannya perjalanan Minangkabau Express ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh presiden, menhub, dan gubernur Sumatera Barat. Tak hanya meresmikan, presiden dan sejumlah pejabat juga turut naik Minangkabau Express hingga Stasiun Padang.


Jokowi bisa dibilang adalah presiden kedua yang meresmikan jalur kereta api di Sumbar setelah Soeharto yang meresmikan jalur percabangan Lubuk Alung - Indarung pada 1979. Sehari sebelum peresmian rangkaian KRDE Minangkabau Express tidak dioperasikan karena dipersiapkan untuk peresmian. Sebagai gantinya perjalanan uji coba terbuka Minangkabau Express meminjam rangkaian Railbus Mak Buih.

Setelah peresmian ini maka masyarakat yang hendak naik KA Minangkabau Express harus membeli tiket dengan harga Rp 5.000 untuk perjalanan Padang - Tabing, Padang - Duku, dan Tabing - Duku serta Rp 10.000 untuk perjalanan Padang - BIM, Tabing - BIM, dan Duku - BIM.

baca juga: Minangkabau Express Diujicoba Untuk Umum


RE Digest | Bayu tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo