testimoni

testimoni

Kereta Bandara Kedua di Kuala Lumpur Resmi Beroperasi

SHARE
Rangkaian KTM Class 83 yang digunakan sebagai Kereta Bandara Skypark | utusan.com.my

[6/5]. Warga Kuala Lumpur sepertinya punya alternatif baru untuk bepergian menuju bandara. 1 Mei lalu telah diresmikan rute kereta bandara Skypark Link. Kereta bandara ini menghubungkan KL Sentral hingga Stasiun Skypark Terminal Bandara Sultan Abdul Aziz Syah, Subang Jaya. Jalur kereta bandara ini merupakan cabang dari jalur KA Skypark Link Kuala Lumpur - Port Klang.

Jalur kereta bandara ini merupakan proyek Pemerintah Malaysia, dalam hal ini Kementerian Pengangkutan yang sudah dikerjakan sejak 2013 lalu. Dibuatnya rute kereta bandara ke Sultan Abdul Aziz Syah dikarenakan banyaknya penumpang pesawat yang bepergian melalui bandara ini. Bandara Sultan Abdul Aziz Syah merupakan tempat keberangkatan dan kedatangan pesawat dari sejumlah maskapai low cost flight seperti Malindo Air dan Firefly.

Sejumlah pejabat yang berfoto bersama saat pembukaan Skypark Link ke Bandara Sultan Abdul Aziz Syah | Railway Gazette
Pengurus Besar Jabatan Perolehan KTMB Mohd. Hider Yousof mengatakan dalam tahap awal pengoperasiannya, KA Bandara Skypark Link akan beroperasi setiap 1 hingga 3 jam sekali sampai 31 Mei mendatang. Sedangkan mulai 1 Juni kereta akan beroperasi setiap 1 jam sekali. Kereta bandara Skypark berhenti di tiga stasiun yakni KL Sentral, Subang Jaya, dan Terminal Skypark.

Rangkaian yang digunakan oleh Kereta Bandara Skypark Link adalah rangkaian KTM Class 83 yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Kereta Bandara Skypark juga terintegrasi dengan sejumlah layanan kereta lainnya di Kuala Lumpur seperti Rapid KL Jalur Kelana Jaya, MRT, Monorail, dan Express Rail Link. Skypark Link merupakan kereta bandara kedua yang beroperasi di Kuala Lumpur setelah KLIA Express yang menghubungkan KL Sentral dengan KLIA dan KLIA 2 beroperasi pada 2002 lalu.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo