testimoni

testimoni

Kereta Tidur Pesanan KAI Diperlihatkan, Kursinya Kayak di Pesawat!

SHARE
Tampilan kursi kereta tidur KAI

[9/5]. Setelah sekian lama menjadi misteri dan menjadi teka-teki tentang kebenarannya, akhirnya kereta tidur atau sleeper yang diisukan mulai menampakan diri. Tampilan kereta tidur ini pertama kali muncul di postingan Instagram resmi Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Lantas muncullah pertanyaan di kalangan masyarakat dan penggemar kereta api tentang bagaimanakah tampilan kereta tidur ini sebenarnya.

Eksterior kereta tidur ini pada dasarnya sama saja seperti kereta eksekutif stainless steel yang sudah beroperasi. Interiornya pun juga tak berbeda jauh. Yang membedakan hanyalah bangkunya saja. Bangku kereta didesain hampir mirip dengan pesawat kelas bisnis. Bangku kereta dipisahkan dengan sekat-sekat kayu yang memberikan sedikit privasi bagi penggunanya.

Bangku kereta dapat direbahkan hingga 170 derajat serta terdapat legrest yang membuat kaki bisa diluruskan. Tiap bangku juga dilengkapi dengan rak kecil yang dapat digunakan penumpang untuk menyimpan barang, lampu kecil yang dapat digunakan penumpang untuk membaca, serta stop kontak dan colokan USB yang dapat digunakan untuk mencharge gadget maupun laptop. 

Selain itu di tiap bangku juga dilengkapi dengan layar entertaiment on board (EOB) di depan bangku yang dapat digunakan penumpang untuk memilih hiburan yang mereka inginkan. Sama seperti yang ada di sejumlah pesawat dari maskapai kelas atas seperti Garuda Indonesia. 

Layar EOB yang berada di bagian depan bangku penumpang

Dalam satu kereta nantinya akan ada 18 tempat duduk yang tersedia dengan susunan 1-1. Rencananya kereta tidur ini akan mulai dioperasikan pada Lebaran tahun ini. Hmm kira-kira bakal beroperasi di kereta apa ya? Dan berapa harga tiketnya? Kita lihat saja nanti.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo