testimoni

testimoni

Pakistan Uji Coba Jalur Metro Pertamanya

SHARE
Rangkaian kereta Lahore Metro yang diujicoba | Global Times

[17/5]. Di saat masyarakat Kota Jakarta tengah bersiap menyambut kehadiran MRT dan LRT, di Pakistan masyarakat kini sudah bisa merasakan kehadiran kereta bawah tanah. Rabu kemarin kereta metro di ibukota Provinsi Punjab, Lahore, menjalani uji coba terbuka. Diujicobakannya jalur metro yang diberi nama Jalur Oranye Lahore ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Kepala Menteri Punjab Shahbaz Syarif.

Dalam statement yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Punjab dikatakan kehadiran kereta metro ini dapat memberikan alternatif transportasi yang lebih nyaman, cepat, dan aman bagi warga Lahore untuk bepergian. Tak hanya memotong pita, Kepala Menteri juga turut mencoba kereta metro bersama Konsulat Jenderal Tiongkok di Lahore dan pejabat pemerintahan di Punjab.

Kepala Menteri Punjab saat melakukan pemotongan pita tanda dimulainya uji coba terbuka kereta metro Lahore | Global Times

Dalam uji coba terbuka ini penumpang dibebaskan dari biaya tiket alias gratis. Antusiasme masyarakat yang ingin mencoba sangatlah tinggi. Mereka memenuhi stasiun untuk mencoba kereta metro ini. Proyek jalur kereta metro di Lahore ini merupakan bagian dari China-Pakistan Economic Corridor (CPEC).

Jalur yang diujicoba adalah Jalur Oranye fase 1 yang membentang dari Dera Gujran hingga Lakshmi Chowk. Rencananya Jalur Oranye akan memiliki panjang total 27,1 kilometer di mana jalur sepanjang 25,4 kilometer adalah jalur layang dan sisanya 1,72 kilometer adalah jalur bawah tanah. Sebanyak 27 set rangkaian KRL "Type-B" buatan pabrikan asal Tiongkok, Norinco, dioperasikan di jalur ini. Satu set terdiri atas 5 kereta. Ditargetkan jalur ini dapat mengangkut 500.000 penumpang per hari.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo