testimoni

testimoni

Rangkaian Baru MRT Tiba di Singapura

SHARE
Rangkaian MRT untuk Jalur Thomson - East Coast yang tiba di Pelabuhan | Channel News Asia

[26/5]. Singapura baru saja kedatangan rangkaian MRT untuk Jalur MRT Thomson - East Coast yang saat ini tengah dibangun. Rangkaian tiba di Pelabuhan Singapura kemarin. Rangkaian yang datang adalah pertama yang datang memiliki nomor seri 20001F. KRL berwarna hitam-oranye-putih ini diturunkan dari atas kapal dan kemudian dinaikan ke atas trailer.

Rangkaian yang didatangkan adalah rangkaian seri CT251 produksi Kawasaki Heavy Industries bersama dengan CRRC Qingdao Sifang. Satu set CT251 ini terdiri atas 4 kereta di mana tiap kereta memiliki 5 pintu yang digunakan untuk keluar dan masuk penumpang. KRL ini memiliki lebar sepur 1435 mm dan menggunakan rel ketiga sebagai sumber kelistrikannya.

CT251 merupakan KRL pertama di Singapura yang sepenuhnya beroperasi menggunakan Automatic Train Operation (ATO) sehingga kendali masinis tak lagi diperlukan dan masinis hanya bertugas untuk mengawasi jalannya kereta. Kereta CT251 memiliki panjang 23,6 meter, lebar 3.2 meter, dan tinggi 3.7 meter. 

Kereta CT251 yang sudah ditempatkan di atas trailer | Channel News Asia

Rencananya akan ada 91 set kereta atau 364 unit kereta yang akan didatangkan secara bertahap ke Singapura hingga tahun 2022. Rangkaian pertama ini rencananya akan mulai beroperasi di Jalur MRT Thomson - East Coast tahap 1 dari Woodlands North hingga Woodlands South pada 2019. Jalur MRT Thomson East Coast rencananya akan membentang sejauh 43 kilometer dari Woodlands North hingga Sungai Bedok. Jalur akan dibangun dengan 5 tahap yang akan dibuka secara bertahap dari 2019 hingga 2024.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo