testimoni

testimoni

Toei "Jangkrik Merah" 5500 Beroperasi Akhir Juni

SHARE
Tampak rangkaian Toei 5500 si Jangkrik Merah | Trafficnews

[25/5]. Warga yang tinggal di sepanjang Jalur Toei Asakusa sepertinya bisa sedikit berbahagia. Pasalnya sebentar lagi rangkaian baru mereka, Toei seri 5500, akan segera beroperasi. Pihak Toei mengumumkan akan mengoperasikan rangkaian pertama Toei 5500 pada Juni 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan dalam press releasenya.

Pihak Toei sendiri pertama kali memperlihatkan rancang bangun Toei 5500 pada Desember 2016. Rangkaian pertamanya, Toei 5501F, mulai diproduksi oleh J-TREC sekitar tahun 2016 hingga 2017, dikirimkan pada akhir 2017, dan diperlihatkan kepada publik pada Desember 2017 lalu. Lantas bagaimanakah penampakan rangkaian Toei 5500 ini?

baca juga: Toei Merilis Desain KRL Toei 5500 untuk Jalur Asakusa

Jika anda melihatnya sekilas pasti anda tidak asing dengan bentuknya. Ya bentuknya sama seperti desain pertama rangkaian MRT Jakarta yang diganti karena mirip "jangkrik" oleh PLT Gubernur DKI Jakarta Soemarsono. Hanya bedanya Toei 5500 berwarna sedangkan desain "jangkrik" MRT Jakarta berwarna hijau.

Seperti yang ada dalam rancang bangun, bagian interior keretanya tak berbeda jauh dengan yang ada dalam rancang bangun. Interior kereta memadukan konsep tradisional dengan modern Jepang. Interior kereta didominasi dengan warna putih dan abu-abu di dinding dan lantai. Sandaran punggung ditempatkan di antara bangku paling ujung dan pintu kereta. Display LCD ditempatkan di atas pintu yang akan memberitahukan posisi kereta dan menayangkan iklan.

Handgrip kereta diwarnai coklat dan diberi aksen kayu untuk memberikan kesan tradisional pada interior kereta. Bangku kereta diberi warna abu-abu dan sandaran merah pada bangku biasa serta sandaran biru pada bangku prioritas.

Tampak interior kereta

Selain itu kereta juga dilengkapi dengan fasilitas ruang kosong di pojok kereta dekat bangku prioritas yang dapat digunakan untuk menempatkan kursi roda bagi penyandang disabilitas. 

Ruang kursi roda dekat bangku prioritas

Rencananya rangkaian Toei 5500 akan diproduksi hingga tahun 2020 guna menggantikan rangkaian Toei 5300 yang sudah beroperasi sejak 1990. Namun apakah setelah pensiun Toei 5300 akan dikirimkan ke Indonesia? Rasanya tidak mungkin mengingat lebar sepur yang digunakan di Jalur Toei Asakusa adalah 1435 mm.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Trafficnews

About Bayu Tri Sulistyo