testimoni

testimoni

Gempa Bumi di Osaka Sebabkan Gangguan Perjalanan KA

SHARE
Penumpang dibantu turun dari sebuah rangkaian KRL JR West oleh petugas setelah gempa bumi yang menimpa Osaka pagi tadi memaksa operator KA menghentikan layanan mereka | Foto: Japantimes
[18/06] - Gempa bumi dengan skala magnitudo 6,1 dan skala intensitas gempa Agen Meteorologi Jepang (Skala Shindo) 6 yang baru saja menimpa Osaka pagi tadi tidak hanya menyebabkan kerusakan yang meluas di sekitar Osaka dan hingga berita ini diturunkan menewaskan 3 orang, tetapi juga menimbulkan gangguan perjalanan KA yang meluas di wilayah Osaka. 

Seperti yang dilansir dari Asahi Shimbun, gempa bumi ini menimbulkan gangguan perjalanan pada Shinkansen dikarenakan pemberhentian darurat yang dilakukan baik di wilayah Prefektur Kanagawa, Prefektur Aichi, dan Prefektur Fukuoka pada pagi hari tadi yang memaksa pengguna jasa untuk dievakuasi dengan berjalan kaki ke stasiun terdekat, di mana berdasarkan yang dilansir dari Japantimes, jumlah layanan Shinkansen yang terganggu mencapai 60 perjalanan. Layanan Shinkansen baru dapat dimulai lagi secara perlahan pada siang hingga sore hari dengan Tokaido Shinkansen antara Stasiun Shin-Osaka dan Maibara berjalan kembali pukul 12.50 waktu setempat, sedangkan Sanyo Shinkansen antara Stasiun Shin-Osaka dan Okayama baru dapat berjalan kembali sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Tidak hanya Shinkansen, operasional KA konvensional di wilayah tersebut juga terkena dampak dari gempa bumi. Semua operator KA setempat yaitu JR West, Osaka Metro, Hankyu, Nankai, Kintetsu, dan Keihan terpaksa menghentikan layanan mereka ketika gempa menimpa. Berdasarkan pengakuan para penglaju yang saat itu sedang menggunakan layanan KA, mereka merasakan adanya getaran yang sangat kuat yang disusul dengan alarm peringatan gempa di HP mereka dan pengumuman bahwa layanan KA terpaksa dihentikan dikarenakan gempa yang kuat.

Sementara itu di Stasiun Namba, layanan KA menuju Bandara Internasional Kansai sempat tersendat ketika gempa dengan hanya ada satu rangkaian KA lokal menuju bandara yang beroperasi, sedangkan rangkaian KA ekspres lainnya tidak dapat beroperasi akibat gempa. 

Layanan KA oleh JR West, Osaka Metro, dan sebagian operator KA lain telah dilanjutkan pada siang harinya. Akan tetapi, operator KA Hankyu hingga berita ini diturunkan masih menghentikan sebagian besar layanan mereka dengan sisanya beroperasi terbatas. 

Sumber

RED | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.