testimoni

testimoni

KAI Divre 4 Resmikan KA Kuala Stabas Premium

SHARE
Interior kereta ekonomi premium Kuala Stabas | Antara

[5/6]. Anda warga Lampung yang suka bepergian ke Baturaja? Sekarang anda punya moda kereta api baru untuk menuju ke sana. PT KAI Divre 4 Tanjungkarang mulai mengoperasikan armada kereta ekonomi premium dengan rute perjalanan Tanjungkarang - Baturaja.

Perjalanan kereta ini diberi nama Kuala Stabas. Nama Kuala Stabas sendiri diambil dari nama pedesaan nelayan yang berada di pesisir barat Provinsi Lampung. Pengoperasian KA Kuala Stabas dilakukan untuk menunjang angkutan penumpang selama arus mudik dan balik Lebaran 2018. 


Sebanyak satu set kereta ekonomi premium digunakan sebagai armada KA Kuala Stabas. Dalam sehari ada dua perjalanan KA Kuala Stabas yakni satu kali dari Baturaja pada pukul 6:30 WIB dan satu kali dari Tanjungkarang pada pukul 13:00 WIB. Perjalanan Tanjungkarang - Baturaja ditempuh KA Kuala Stabas selama kurang lebih 5 jam. 

Tarif promo pun diberikan untuk perjalanan awal KA Kuala Stabas yakni Rp 75.000 untuk sekali jalan dan dapat dipesan secara online. Keberadaan KA Kuala Stabas tentunya sangat membantu terutama bagi masyarakat yang baru menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni dan hendak menuju Baturaja. Pasalnya selama ini perjalanan KA dari Tanjungkarang ke Baturaja hanya dilayani dua KA yakni Sriwijaya dan Rajabasa saja.

Selain itu jadwal pemberangkatan KA Kuala Stabas jauh lebih enak ketimbang Rajabasa yang berangkat Tanjungkarang pukul 8:30 ataupun Sriwijaya yang berangkat Tanjungkarang jam 9 malam. Selain itu meskipun tarif Kuala Stabas lebih mahal ketimbang Rajabasa, namun harganya jauh lebih murah ketimbang Sriwijaya.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo