testimoni

testimoni

Pembebasan Lahan Untuk Reaktivasi Jalur Rangkasbitung - Labuan Telah Dimulai

SHARE
Bekas Stasiun Labuan yang sekarang menjadi kantor pemasaran pasar
[18/07] - Proses reaktivasi jalur mati Rangkasbitung - Labuan via Saketi saat ini telah menunjukkan kemajuan. Pasalnya, saat ini proses pembebasan lahan yang sangat vital untuk reaktivasi jalur mati telah dimulai.

Berdasarkan yang dilaporkan Tempo, proses pembebasan lahan telah dimulai dengan melakukan sosialisasi kepada warga bersama Dishub Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi Banten, dan juga Pemerintah Kota/Kabupaten mengenai reaktivasi jalur mati. Proses ini dilakukan dikarenakan sebagian besar trase jalur ini sudah berubah fungsi menjadi rumah warga ataupun fasilitas umum, sehingga dilakukan sosialisasi agar nantinya proses konstruksi dapat dilakukan dengan lancar.

Setelah proses pembebasan lahan dan relokasi warga selesai dilakukan, direncanakan tahap konstruksi jalur sepanjang 56,45 kilometer ini dimulai pada tahun 2019 mendatang, dengan target pada tahun 2021 proses reaktivasi jalur mati Rangkasbitung - Labuan via Saketi sudah selesai sehingga jalur dapat digunakan.

Selain itu, dicangangkan jalur tersebut akan diperpanjang hingga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung dan juga ke Bayah, dengan yang terakhir belum dijelaskan secara mendetail apakah akan menggunakan trase lama jalur Saketi-Bayah ataupun trase baru. 

Semoga saja proses reaktivasi ini terus berjalan lancar sehingga tidak menjadi wacana forever saja. Semoga.

Sumber:
Tempo

RED - Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.