testimoni

testimoni

Thailand Perlihatkan Kereta Pembangkit Pertama Buatannya

SHARE
Kereta pembangkit pertama buatan Thailand yang diperlihatkan kepada publik | ASEAN Infrastructure

[21/7]. Saat kita berhasil memperoleh sesuatu atau membuat sesuatu dengan usaha sendiri pastinya kita merasa bangga karena kita bisa menikmati hasil karya sendiri. Tak terkecuali dengan Negeri Gajah Putih. Research Institute for Excellence Road and Rail Innovation Universitas Naresuan memperlihatkan kereta pembangkit pertama buatan mereka.

Bisa dibilang kereta pembangkit ini adalah kereta pertama yang dibuat oleh Thailand. Hampir keseluruhan komponen kereta ini dibuat di dalam negeri. Kereta pembangkit ini diperlihatkan saat menjalani uji dinamis dengan dirangkaikan pada perjalanan kereta tidur Bangkok - Chiang Mai yang menggunakan rangkaian eks Blue Train. Tujuannya untuk melihat kekokohan struktur kereta ketika beroperasi serta memastikan kereta bisa beroperasi dengan aman.

Kereta pembangkit yang dirangkaikan pada perjalanan kereta tidur Bangkok - Chiang Mai | ASEAN Infrastructure

Selain dirangkaikan, kereta pembangkit juga diujicoba untuk menyuplai listrik pada perjalanan kereta tidur. Jika uji coba ini dinyatakan berhasil dan kereta dapat beroperasi dengan baik, dalam jangka panjang rencananya State Railway of Thailand (SRT) akan memesan lebih banyak kereta pembangkit seiring dengan bertambahnya jumlah perjalanan kereta tidur.
 

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo