testimoni

testimoni

Flow Penumpang di Stasiun Manggarai Akan Diubah, Bagaimana Perubahannya?

SHARE
Banner sosialisasi perpindahan alur penumpang di Stasiun Manggarai
[10/8]. Seperti kita semua tahu saat ini Stasiun Manggarai tengah melakukan pembenahan besar-besaran. Pembangunan jalur 2 lantai saat ini tengah dilakukan untuk memisahkan antara perjalanan KRL Bekasi dengan kereta api jarak jauh dan KRL Bogor. Arus penumpang pun akan diubah untuk mempermudah proses pembangunan. Lantas bagaimana kah perubahan yang akan terjadi?

Dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor Pusat PT KCI di Stasiun Juanda sore tadi dijelaskan tentang hal tersebut. Rencananya akan ada perubahan flow penumpang dan switch over pada perjalanan KRL Bogor dan KA Bandara. Jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai rencananya akan dinonaktifkan untuk sementara demi mengakomodasi pembangunan yang sedang dilakukan.

Seperti yang kita ketahui jalur 6 dan 7  untuk saat ini digunakan oleh perjalanan KRL Jakarta Kota - Bogor dan Jatinegara /Angke - Bogor. Untuk perjalanan kedua KRL tersebut akan dialihkan ke jalur 8 dan 10. Untuk KA Bandara sendiri perjalanannya akan dimasukan ke jalur 9. Namun apabila perjalanan KRL Bogor  cukup padat rangkaian KA Bandara akan dimasukan ke sepur badug yang berada di ujung jalur 9.

Untuk perjalanan KRL Bogor dan Bekasi arah Jakarta Kota, Bogor arah Jakarta Kota/Angke, dan Jakarta Kota arah Bekasi tidak ada perubahan. KRL Bogor - Jakarta Kota dan Bogor Angke/Jatinegara tetap menggunakan jalur 5 dan 3, KRL Bekasi arah Jakarta Kota tetap menggunakan jalur 3 dan 1, dan KRL Jakarta Kota arah Bekasi tetap menggunakan jalur 4 dan 2.


Sejumlah persiapan pun dilakukan untuk menunjang switch over ini. Seperti penambahan rambu dan signage di peron stasiun. Banner sosialisasi juga dipasang di sekitar stasiun. Enam penyeberangan sebidang disiapkan untuk penumpang menyeberang, dua di ujung peron dan tiga di tengah peron.


Signage yang sudah terpasang di jalur 8, 9, dan 10

Diterangkan dikarenakan saat ini masih berlangsung pembangunan, diakui bahwa akan ada sedikit hambatan-hambatan pada perjalanan sebelum target pembangunan pada 2020 tercapai.  Direncanakan akan ada beberapa lagi switchover hingga SO5 (Switchover 5) yang rencananya akan dilaksanakan hingga September 2019 mendatang.

Semoga saja proses switch over ini berlangsung dengan lancar dan tidak ada gangguan besar akibatnya. Dan untuk para pengguna jasa, Tim REDaksi sarankan untuk mengantisipasi keterlambatan dengan mengatur waktu perjalanan Anda.

RED | Bayu Tri Sulistyo | Ikko Haidar Farozy

About Bayu Tri Sulistyo